oleh

Di Akhir Pekan Kita Berpantun Gurauan

-Edukasi, Literasi, Pantun-Telah Dibaca : 58 Orang

PEKAN ketiga di akhir pekan di bulan Oktober. Kembali kita berpantun. Pantun di akhir pekan untuk menjadi hiburan. Kali ini saya ingin menampilkan pantun gurauan atau lebih kita kenal sebagai pantun jenaka.

Pantun jenaka adalah salah satu jenis pantun yang berisi pesan atau kisah-kisah jenaka. Pesannya mencerminkan hal-hal yang lucu dan terkadang tidak masuk akal. Sesungguhnya tujuannya adalah untuk hiburan sekaligus sebagai sindiran. Seperti pantun agama yang berisi perihal agama, pantun nasihat berisi nasihat maka pantun jenaka isinya juga hal-hal yang jenaka.

Beberapa bait pantun berikut mungkin sudah pernah kit abaca. Saya pastikan pantun-pantun ini sudah banyak ditulis dalam buku-buku pantun. Baik dengan sampiran yang persis sama atau dengan sampiran yang berbeda. Namun isi pantunnya menunjukkan makna yang lucu dan jenaka. Boleh jadi juga menggunakan kalimat yang persis sama atau sedikit berbeda tapi mengandung pesan yang sama.

Inilah lima bait pantun jenaka kita untuk menemani akhir pekan kita di bulan Oktober ini. Harapan sederhanaya adalah kiranya dapat menjadi penawar gundah kita jika memang kebetulan lagi gundah-kelana. Selamat membaca.

I

Gemuruh tabuh memecah ruang

Diasah lembing berkilat-kilat

Gemetar tubuh harimau belang

Melihat kambing pandai bersilat

II

Tampak musang lari-berlari

Mengejar ayam beriring-iring

Pisang goreng bagai menari

Melihat ketan di dalam piring

III

Burung gagak mematuk tanah

Makan berulang dalam perahu

Serasa hendak hati merana

Hendak dibilang lidah tak mampu

IV

Menara kembar di Kualalumpur

Naik Sinabung sarat isinya

Jika tidak misai dicukur 

Lubang hidung bakal disumbatnya

V

Orang menganyam sambil duduk

Tikar dipasang di tengah balai

Melihat ayam memakai tanduk

Datanglah musang meminta damai

Tbk, 23102021

 

Begitulah pantun kita pada hari ini. Berkenan kiranya para sahabat penyuka pantun sebagai salah satu budaya bangsa kita untuk memberikan komentar. Syukur jika komentar itu dalam bentuk pantun juga. Dan pantun ini semoga sedikit menghibur kita. Terima kasih.***

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed