oleh

Pentingnya Rakercab dalam Gerakan Kepramukaan

-Edukasi, Humaniora, Literasi-Telah Dibaca : 161 Orang

JALANNYA kegiatan pramuka bergantung kepada program yang disusun selain oleh pengurusnya sendiri. Program lahir dari rapat-rapat yang dilaksanakan oleh pengurus. Begitulah lazimnya. Antara pengurus sebagai pelaksana amanah tugas dengan program sebagai pedoman tugas akan saling melengkapi.

Di setiap Gugus Depan (Gudep) atau pangkalan hingga ke Kwartir Ranting (Kwarran), Kwartir Cabang (Kwarab), Kwartir Daerah (Kwarda) serta Kwartir Nasional (Kwarnas) dapat dipastikan aka nada program kegiatan yang disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan. Untuk melahirkan program biasanya diadakan Musyawarah atau Rapat-rapat. Ada Musyawarah Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab) sampai ke Musyawarah Nasional (Munas).

Pentingnya musyawarah atau rapat yang disebut pula dengan Rapat Kerja (Raker) dibuktikan dengan adanya Rapat Kerja di setiap pangkalan atau di Kwartir. Seperti di Kawrcab Kabupaten Karimun, misalnya, kemarin telah dilaksanakan Rakercab (Rapat Kerja Cabang) Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun. Sejatinya di akhir pekan seperti hari Sabtu (30/10/2021) itu orang-orang yang rutin berkesibukan di hari kerja akan menikmati liburan, termasuk guru atau pegawai lainnya. Sebagai guru atau pegawai kantor yang terlibat di kepengurusan pramuka kabupaten, khususnya di Kabupaten Karimun memang tidak bisa menikmati liburan.

Bagi guru dan warga sekolah non guru (tenaga kependidikan) bahkan pegawai kantor di Kabupaten Karimun, Kepri khususnya yang menjadi anggota dan atau pengurus Pramuka tidak bisa atau belum bisa berlibur pada hari Sabtu kemarin itu. Ada gawe cukup penting bagi anggota atau pengurus Kwatir Cabang (Kwarcab) Karimun yaitu melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2021. Kegiatan Kwarcab ini melibatkan pengurus Kwarran sesuai ketentuan. 

Tersebab Rakercab, ini diikuti oleh pengurus Kwarcab dan pengurus Kwarran makanya pengurus Kwarcab (semuanya) dan pengurus Kwarran (sebagiannya) tidak bisa berlibur di akhir pekan ujung bulan Oktober ini. Ada 61 orang peserta Rakercab hari ini yang detailnya 25 orang pengurus Kwarcab sedangkan setiap Kwarran bervariasi antara 2-5 orang. 

Kegiatan Rekercab sendiri diawali pagi hari tadi dengan registrasi peserta. Sebanyak 12 Kwarran se-Kabupaten Karimun mendaftarkan perwakilannya sebagai peserta Rakercab. Tepat pukul 10.00 seremoni pembukaan dilaksanakan, setelah Ketua Kwarcab Kab. Karimun, H. Anwar Hasyim tiba di lokasi acara. Sebelum acara pembukaan, ada acara pengukuhan DKC (Dewan Kerja Cabang) pengganti periode 2018-2023. Setelah pelantikan itu dilanjutkan dengan pembukaan Rakercab yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati yang sekaligus sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun.

Dalam sambutan pengarahannya Pak Anwar berpesan agar para peserta Rakercab dapat mengikuti kegiatan dengan  bersungguh-sungguh. “Raker ini sangat penting untuk mengevaluasi kegiatan tahun 2021 dan menyusun program tahun 2022 nanti,” katanya. Oleh karena itu dia menekankan pentingnya pemikiran semua peserta agar tersusun program kegiatan pramuka tahun 2022 nanti. “Agar kakak-kakak semua dapat mengikutinya dengan baik, meskipun kita laksanakan di akhir pekan. Biasanya ini hari libur,” katanya. Raker akan berlangsung satu hari penuh. Direncanakan akan ditutup malamnya oleh Wakil Bupati juga.

Pentingnya Rakercab Gerakan Pramuka Kwarcab Karimun, seperti lazimnya Kwarcab di seluruh Tanah Air adalah untuk melahirkan program kegiatan satu tahun ke depan sekaligus untuk mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan dalam tahun yang sudah lewat. Dalam Rapat Kerja yang diikuti oleh seluruh pengurus Kwarran se-Kabupaten plus pengurus Kwarcab dibicarakan rencana program kegiatan ke depan. Tentu saja sebelumnya membahas rencana program, pengurus Kwarcab terlebih dahulu melaporkan pelaksanaan kegiatan dalam tahun yang sudah dilewati.

Setiap peserta Rakercab mendapat kesempatan untuk memberikan pandangan terhadap laporan kegiatan yang disampaikan oleh pengurus Kwarcab. Diterima atau tudaknya laporan itu forum Rakercab itulah yang menentukan. Begitu juga penentuan program Kwarcab ke depan, akan ditentukan oleh forum itu. Itulah yang terjadi pada Sabtu kemarin. Para pengurus Kwarcab bersama pengurus Kwarran telah menyelesaikan Rakercab dengan baik dan lanacar. Selebihnya menunggu pengurus melaksaakan program tersebut.***

Tentang Penulis: M Rasyid Nur

Gambar Gravatar
Pendidik yang sudah bersara dari PNS. Setelahnya tetap melanjutkan fungsi sebagai pendidik. Insyaallah hingga hayat dijemput Kholiq.

Komentar

Tinggalkan Balasan

3 komentar

News Feed