oleh

Literasi Digital Menuju Merdeka Belajar “REPDIS KKG BERMUTU “Gugus V Bojonggede Bogor

-Edukasi-Telah Dibaca : 150 Orang
Sumber foto gugus v Bojonggede 17 september 2022   Ingat pesan Tokoh Pendidikan kita  Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan bahwa “setiap orang bisa menjadi guru,dan setiap rumah bisa menjadi sekolah. itu artinya pendidikan dapat dilakukan dimanapun,kapanpun dan oleh siapapun,” 

Sabtu, 17 September 2022 Pagi ceria dengan penuh semangat guru hebat Bojonggede hadir memenuhi undangan  Gugus V wilayah kecamatan Bojonggede Bogor Jawa Barat, dalam pelaksanaan  Kelompok Kerja Guru (KKG) pertemuan yang ke 4 dengan Materi Literasi Digital dan Platform Merdeka Belajar. Pengurus KKG, Ketua Gugus Bapak Amid Abidin. Ketua KKG Ibu Nia, beserta pengurus Ibu Sinta,Ana,Wita,Lita serta pemateri Ibu Marni Lestarina.Kegiatan KKG dihadiri dari 10 sekolah Dasar,Ragajaya,Citayam 03, Pabuaran 03,Pelita Atsiri Permai, Nurul Karimah,Darus  Sofwa, An-Ni’mah,Karya Bhakti,Al-Iman,Mauritaniyah, dan Nurul Fajar. Kegiatan di laksanakan mulai  pukul 09.00 – 13.00 WIB. Tema  pelatihan  ini adalah Literasi Digital Dan Platform Merdeka Belajar .

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan   untuk menjadi teman penggerak bagi guru,kepala sekolah dalam mengajar, belajar dan berkarya dalam mewujudkan pelajar pancasila. Platform merdeka mengajar di peruntukan bagi para guru dan kepala sekolah. Tiga fungsi utama platform merdeka mengajar adalah, Belajar, Mengajar dan berkarya. Sebelum  dilanjut dengan materi pemanfaatan google doc dan slide pemateri memberikan stimulus kepada guru yaitu menganalogikan sebuah kertas ukuran HVS berukuran A4 untuk bisa masuk  kedalam tubuh kita, secara  kasat mata tidak mungkin selembar kertas bisa masuk kedalam tubuh, dengan antusias seorang guru berani untuk mencoba  akhirnya berhasil . Kesimpulan dari stimulus ini adalah bahwa setelah kita berani mencoba tidak ada yang tidak mungkin artinya sesulit apapun jika kita mau  pelajari dan mencari solusi pasti akan berhasil.

Hari semakin siang peserta masih semangat dalam mengikuti  KKG dengan materi pemanfaatan google doc dan slide, apa saja pemanfaatan dari google doc itu adalah,membukafiledan menyimpan file, mengedit dan memformat file,berbagi kolaborasi,memprint dan mendownload, mengakses kalender, memiliki mode offline  memiliki  fitur powerful translation, voice typing dan add-ons. pada  google slide adalah  program presentasi yang disertakan sebagai bagian daripaket perangkat lunak berbasis web gratis yang di tawarkan oleh google dalamlayanan google drive-nya. pemanfaatan slide yaitu, dapat mengedit,mengakses,membuat, dapat kerja barengan, dan kompatibel denga powerpoint.

Sesi akhir dalam kegiatan KKG GUGUS V di tutup oleh moderator dengan membaca doa, semoga kegiatan REPDIS KKG BERMUTU ini dapat menjadikan guru Transformasi Pendidikan menjanjikan guru yang merdeka dan otonom. Guru sebagai ujung tombak perubahan di janjikan mendapatkan kemerdekaan dan otonomi dalam berinovasi.

#semangatmerdekamengajar

#gugusvbojonggede

Komentar

Tinggalkan Balasan