AKU SEMAKIN PERCAYA DIRI

LOMBA MENULIS PGRI BULAN FEBRUARI 2021

HARI KE-3

AKU SEMAKIN PERCAYA DIRI

NANI KUSMIYATI,S.Pd., M.M.

Memiliki Blog membuat saya semakin percaya diri untuk mulai menuangkan ide, kisah hidup saya baik suka maupun duka. Ketika saya sedih saya segera membuka Hp saya dan jari jemari saya mulai menari diatas tombol-tombol berhuruf di note aplikasi HP. Kadang ketika menulis, saya bisa berurai air mata. Jika seseorang tiba-tiba menyapaku dan terheran-heran melihat aku menangis saya hanya bilang kalua saya sedang membaca cerpen sedih sambil tersenyum

Mungkin penanya tidak puas dengan jawaban yang saya berikan, namun mereka tidak mau mengganggu lagi dan membiarkan saya tenggelam dalam rangkaian kata pengungkap rasa. Ketika menulis kisah sedih, saya selalu siap dengan tisu di kantong saku seragam doreng saya. Saya tidak ingin orang lain tahu jika perasaan saya hanyut dalam tulisan-tulisan curahan hati. Saya biasanya menulis pada saat diperjalanan menuju kantor atau pulang ke rumah karena saya sebagai penumpang bukan yang mengendarai mobil.

Beberapa tawaran dari group literasi dengan penerbit yang berbeda-beda dan pasti terbit berdatangan tanpa diundang. Group tidak pernah sepi dengan info menulis bareng untuk dibukukan menjadi buku Antologi. Di setiap bulan pasti ada event-event menulis disesuaikan dengan situasi terkini. Jenis atau genre tulisan juga bervariasi seperti pentigraf (cerpen tiga paragraf), cerpen (cerita pendek), true story tentang kisah pribadi, kisah misteri dan bahkan puisi.

Tidak pernah terbayangkan ternyata saya bisa menulis puisi juga. Walau masih dua buku Antologi puisi yang terbit namun membuat saya lebih bersemangat untuk menuangkan rasa saya dalam bait-bait puisi bermakna. Untuk menambah kosa kata saya dalam berpuisi, saya membaca puisi karya orang lain di internet atau dari buku Antologi karya teman literasi yang saya beli. Kadang ada beberapa kata baru yang tidak saya mengerti namun dapat saya rasakan. Google translate menjadi andalan saya.

Buku-buku Antologi yang sudah publish ada kewajiban bagi penulisnya untuk membeli satu buku karyanya. Kadang editor atau kurator memberi satu buku solo karya mereka untuk para penulis buku Antologi. Saya lebih suka membeli lebih dari satu untuk bahan bacaan sendiri, koleksi maupun untuk hadiah teman yang berulang tahun. Saya juga barter atau bertukar buku dengan sahabat literasi yang kebetulan menulis tema yang berbeda atau mengikuti projek yang berbeda.

Siswa-siswa saya juga banyak yang memesan buku Antologi saya untuk hadiah pasangan mereka. Adakalanya mereka membeli buku saya bukan hanya untuk dibaca sendiri namun untuk memberikan semangat akan karya-karya saya. Saya sangat beruntung dapat dukungan dari keluarga dan para siswa.

Tentunya faktor-faktor diatas membuat saya semakin percaya diri dalam menuangkan buah pikiran di blog maupun menulis di buku Antologi karya bersama. Terus berkarya berbagi rasa tanpa putus asa demi kebaikan bersama.

 

Jakarta, 3 Februari 2021

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Belajar Bicara PGRI Pertemuan kesembilan.

    Tantangan lomba blog hari kedua semakin ramai saja. Banyak peserta lomba blog yang mengirimkan alamat blognya ke email omjaylabs@gmail.com. Ada juga yang mengirimkan ke WA omjay di 08159155515. Tak semua sempat dikomentari. Baru dibaca saja sambil lalu. Itupun masih harus mengikuti FGD Peta Jalan Pendidikan di PGRI.

    Hal itu saya alami selama hari kedua di bulan Februari 2021. Ribuan pesan WA belum sempat dibaca semuanya. Kesibukan mengajar online dan mengantar anak istri ke Bank BCA, membuat saya membaca sedikit demi sedikit lewat HP. Belum semua tulisan di Blog peserta saya baca. Padahal sangat menarik sekali isinya.

    Setelah itu masih disusul rapat dengan urusan keuangan di Labschool. Banyak informasi baru saya terima. Sore hari saya sempatkan tidur sebentar. Melepas lelah dari kesibukan yang ada. Tidur adalah obat supaya kita bersitirahat sejenak. Pukul 03.00 WIB saya sudah bangun, dan membaca tulisan kawan-kawan yang dikirimkan ke email.

    Malam hari ditelpon pak Fajar Tri Laksono. Mereka sudah siap di zoom. Kegiatan belajar menulis pertemuan kesembilan akan segera dimulai. Ibu Amiroh sebagai narasumber malam ini sudah siap. Begitu juga dengan pesertanya yang tak pernah sepi. Setiap hari Selasa dan Kamis, kami sengaja mendatangkan narasumber untuk berbagi ilmu dan pengalamannya.

    Acara belajar bicara baru saja usai ketika saya menuliskan cerita ini. Ibu Amiroh menyampaikan materinya dengan sangat baik sekali. Saya sempat khawatir jaringan internet mati. Oleh karena itu, saya menggunakan laptop dan HP silih berganti. Jaga-jaga internet tiba-tiba mati. Alhamdulillah, malam ini kegiatan berjalan lancar dan materinya bisa diunduh di sini.

    https://drive.google.com/uc?export=download&id=1hdP9Qdeq4MMfhlI6HxOti2V0-5l_RL55

    Tak terasa waktu 2 jam berjalan sangat cepat. Cerita pengalaman beliau menjadi guru berprestasi tingkat nasional sungguh menginspirasi. Beliau memang layak terpilih sebagai juara pertama karena memang dedikasinya yang luar biasa. Prestasinya juga segudang dan didokumentasikan dengan baik oleh beliau.

    Saya teringat ketika beberapa tahun lalu bekerjasama dengan beliau untuk kegiatan Workshop Elearning di Surabaya Jawa Timur. Alhamdulillah dokumentasi kegiatannya masih saya simpan di Belajar Elearning Bareng Onno W Purbo | Labschool Jakarta (wordpress.com).

    Kami naik kereta ke Surabaya bersama pak Onno W Purbo pembina kami. Kita masih berjuang menyebarkan virus elearning untuk rakyat di kalangan guru. Kami membuat proposal di berbagai kota. Proposal elearning 6 kota (slideshare.net).

    Waktu itu ibu Amiroh yang menjadi panitianya bersama ibu Neni. Mereka hanya berdua saja menjadi panitia workshop elearning. Pesertanya lumayan banyak. Lebih dari 100 orang guru ikut dalam acara ini di kantor Telkom Surabaya. Alhamdulillah acaranya berjalan sukses dan banyak guru pada saat itu mulai mengenal apa itu elearning.

    Prestasi Ibu Amiroh terus melejit dan banyak buku yang beliau tuliskan. Salah satunya tentang elearning moodle yang menjadi buku best seller karena banyak dibeli oleh mereka yang ingin belajar elearning.

    Ketika ada acara blogger di Jakarta, saya gantian mengundang beliau bersama ibu Neni. Mereka saya minta menyebarkan virus ngeblog di kalangan guru. Saya berharap ada sejuta guru memiliki dan mengelola blog di internet. Itulah harapan saya hingga hari ini. Semoga mimpi itu terwujud seiring dengan banyaknya saya dan kawan-kawan mengadakan lomba blog di tanah air.

    Saat saya bikin acara konferensi guru blogger Indonesia yang pertama di PGRI, saya mengundang kembali beliau. Kami menginap di gedung guru Indonesia lantai 5. Aacaranya sangat meriah dan dihadiri banyak guru blogger. Sayang tak bisa saya adakan kembali karena pandemi corona yang melanda dunia.

    Semenjak itu kami jarang bertemu di dunia nyata. Lebih banyak berkomunikasi lewat dunia maya. Saya sering meninggalkan jejak di blog http://amiroh.web.id. Blognya keren sekali. Tak salah bila kemudian terpilih menjadi salah satu juara guru era baru acer award. Saya dibuat lebih terkagum lagi ketika melihat ibu Amiroh terpilih menjadi juara guru berprestasi tingkat nasional jenjang SMK.

    Malam ini saya undang beliau di acara belajar bicara PGRI. Saya berharap beliau mau berbagi pengalamannya menjadi guru berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional. Alhamdulillah beliau bersedia dan bisa hadir memberikan pengalamannya. Tak terasa malam ini sudah pertemuan yang kesembilan.

    Lebih dari 100 orang guru bergabung di aplikasi zoom. Bapak Fajar Tri Laksono juga membantu saya menyiapkan siaran livenya di youtube.com.

    Topic: Public Speaking for Teacher
    Time: Feb 2, 2021 19.00 WIB

    Join Zoom Meeting
    https://lpduk-xyz.zoom.us/j/87038345349?pwd=N3h0UHA1cmlFWWloYU9rTVYyRVZxdz09

    Meeting ID: 870 3834 5349
    Passcode: PGRI

    LIVE ON YOUTUBE
    Webinar Belajar Bicara PGRI
    Hari Selasa, 2 Februari 2021
    Pukul 19.00 WIB

    live streaming di Youtube https://youtu.be/7AGi5Lil3y4

    Bagi anda yang tidak sempat menonton acaranya dapat melihat siaran ulangnya. Kami sudah membagikannya di wa group belajar bicara. Semoga anda bisa mengikuti siaran ulangnya dan membuat resumenya.

    Begitulah sedikit kisah Ibu Amiroh yang sangat inspiratif. Beliau tinggal di Jombang Jawa Timur dan mengajar di SMKN 3 Jombang Jawa Timur. Anda bisa melihat videonya di (3) Juara 1 Nasional – Guru SMK Berprestasi 2019 – YouTube.

    Perlu kami sampaikan kepada pembaca. Program belajar bicara PGRI akan sharing ilmu tentang public speaking oleh Narasumber berpengalaman pada bidangnya. Acara yang dimoderatori langsung oleh saya ini sudah berlangsung selama sembilan pertemuan. Pertemuan pertama hingga kesembilan bisa disaksikan siaran ulangnya pada tautan di bawah ini.

    Pak Namin AB Solihin, Selasa, 5 Januari 2021
    Pak Munif Chotib, Kamis, 7 Januari 2021
    Pak Kusumo, Selasa,12 Januari 2021
    Pak Asep Herna, Kamis, 14 Januari 2021
    Ibu Salamah, Selasa, 19 Januari 2021
    Paman Apiq Youtuber , Kamis, 21 Januari 2021
    Pak Dedi Dwitagama, Selasa, 26 Januari 2021
    Pak Agus Sampurno, Kamis, 28 Januari 2021
    Bu Amiroh Adnan, Selasa, 2 Februari 2021
    Menurut rencana kegiatan belajar bicara ini akan terus dilaksanakan hingga pertemuan ke 20, yang mana narasumber sudah disusun oleh saya dan kawan-kawan tim belajar menulis dan belajar bicara PGRI.

    Semoga kisah inspiratif Ibu Amiroh bisa menjadi bahan tulisan di hari kedua dan ketiga tantangan ngeblog selama bulan Februari 2021. Yuk kita Ngeblog!

    Salam blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com