oleh

SELF LOVE

-Terbaru-Telah Dibaca : 29 Orang

SELF LOVE

Mencintai diri sendiri itu harus, sebelum mencintai orang lain. Cara mencintai diri sendiri berarti kita tahu akan kekurangan dan kelebihan kita. Jika banyak lebihnya harus tetap dijaga kelebihan itu dan jangan menjadikan sombong. Tapi bukan berat badan yang lebih ya. Jika kita memilki kekurangan tidak perlu resah, belajar agar kekurangan itu bisa diperbaiki.

Jika penampilan kita belum menarik, kita bisa baca-baca dari internet bagaimana agar penampilan kita sedap dipandang oleh diri kita sendiri dan tentunya orang lain. Namun tidak boleh dipaksakan, semua sesuai kapasitas yang kita miliki. Mencintai diri sendiri dengan hidup sehat seperti berolah raga teratur, makan makanan yang bernutrisi, dan istirahat atau tidur cukup. Rekreasi seperti nonton film, ke Gunung dan ke pantai. Tapi tidak saat pandemi ya. Kegiatan lain yang membuat rileks seperti menyalurkan hobi dengan berkebun dan memasak.

Sesekali di hari weekend membuat apotik hidup dengan menanam jahe, lengkuas, cabe, dan bumbu-bumbu lainnya. Pada saat kita membutuhkannya tinggal ambil dari kebun. Pasti hati akan puas. Bagi penggemar bunga bisa mulai menanam berbagai jenis bunga seperti anggrek, mawar dan melati. Tumbuh-tumbuhan itu memiliki karakteristik masing-masing dan cara menanam serta merawatnya bisa baca dari internet. Semua serba mudah. Hobi menanam bunga bisa menghasilkan uang, terutama bunga anggrek. Jika memiliki hobi merangkai bunga, maka bisa mendirikan toko bunga kecil sebagai side job. Nah bisa menghasilkan uang juga. Selain menghasilkan uang bisa menikmati keindahan bunga yang sedang mekar yang membuat hati bahagia dan rileks.

Cara mencintai diri sendiri dengan meningkatkan skill yang kita miliki dengan mengikuti pelatihan atau kursus-kursus. Jika kita hobi memasak, kita bisa ikut kursus memasak atau belajar dari internet kemudian uji coba resep baru. Jika ingin memiliki teman yang banyak, mengikuti kursus sangat dianjurkan. Ketika kursus kita akan mendapatkan ide-ide dari teman kita tentang resep yang belum pernah di coba. Menekuni hobi bisa menghasilkan uang. Kita bisa buka bisnis kuliner dengan teman-teman baru kita dan bahkan kita bisa menulis tentang resep masakan andalan kita. Jadilah banyak buku yang dicari orang. Tentu akan menghasilkan uang.

Last but not the least, mencintai diri sendiri harus ingat kepada Sang Pencipta yang membuat kita ada di dunia ini. Bersyukur dan berdoa akan segala pemberian Tuhan, jiwa raga yang sehat dan dapat berkarya. Nah mau mencoba?

Nani Kusmiyati, S.Pd., M.M., CTMP.

Jonggol, 3 Mei 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed