oleh

Babad Alas Loyalitas Tak Terbatas (3)

#KMAA 7#

Setelah lebih dari enam bulan sekolah kami berdiri, kami mendapat seorang pemimpin seorang Kepala Sekolah. Beliau adalah Drs. Mohamad Hadi Utomo, M.Pd mantan Wakil Kepala Sekolah di SMP Negeri 40 Semarang dan juga seorang guru Bahasa Inggris. Beliau baru saja dilantik dengan SK tertanggal 16 Februari 2016. Di tangan kepemimpinan beliau SMP Negeri 42 maju dan mensejajarkan diri dengan SMP lainnya di Kota Semarang. Banyak prestasi yang telah diraih baik di bidang akademik maupun non akademik, baik dari siswanya maupun guru dan tendiknya.

Di tahun pertama selain berbenah sarana prasarana, dan terus mencari jati diri, membentuk siswa yang berakhlak mulia, sekolah menjalin kerjasama (MOU) dengan intansi pemerintah, dinas yang terkait dan sekolah negeri swasta yang lain dengan studi banding maupun kompetisi persahabatan. Kegiatan MGMP dan bakti sosial masyarakat diadakan sebagai bentuk eksistensi keberadaan sekolah ini. HUT pertama Spada dimeriahkan  dengan berbagai lomba antar kelas yaitu lomba kebersihan kelas, lomba karaoke, menulis puisi, dan lomba menghias tumpeng, merupakan kolaborasi siswa dan wali murid. Acara puncaknya adalah pentas seni dan gelar karya siswa.

Pentas seni merupakan ajang kreativitas siswa untuk menampilkan bentuk seni yang mereka miliki. Even ini digelar dan masing-masing kelas wajib berpartisipasi dengan menampilkan gerak dan lagu, musikalisasi puisi, tarian, drama, atau atraksi lainnya. Selain bertujuan untuk mengasah jiwa seni, even ini mengenalkan bentuk kegiatan ekstra kurikuler yang ada di SMP 42 Semarang.

Karya seni siswa selama setahun dipih yang terbaik untuk dipamerkan diantaranya adalah lukisan siswa hasil dari tugas mapel Seni Budaya, kerajinan menyulam dan membuat ragam hias pada mapel prakarya, Hal ini akan membangkitkan motivasi siswa untuk menghargai karya orang lain dan menumbuhkan jiwa seni , mengasah motorik halus pada siswa.

 

Tentang Penulis: Noorlanyati

Gambar Gravatar
Noorlanyati, guru IPA SMP Negeri 42 Semarang. Email noorlanyati@gmail.com NPA PGRI 1201016759

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed