oleh

Membangun Komitmen Menuju Kejayaan (2)

“Setiap orang yang mati akan hilang semua yang dimilikinya, anak, istri atau suaminya, hartanya, pangkat dan kedudukannya, dan akan segera dilupakan orang, kecuali orang kaya yang mendermakan hartanya, dan orang yang berilmu yang beramal dengan ilmunya”.

Inilah kalimat yang sering diucapkan oleh Pak Hadi, panggilan akrab Kepala Sekolah SMP Negeri 42 saat briefing pagi sebelum memulai aktivitas pembelajaran hari itu, beliau selalu memberi inspirasi pada kami, guru dan tendik. Tak lupa briefing pagi selalu diselingi dengan kisah-kisah teladan dan motivasi agar kami selalu belajar dan belajar, meningkatkan kompetensi diri karena guru yang kompeten adalah guru yang mau belajar, guru mau maju dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan dilandasi cinta terhadap pekerjaannya dan mensyukuri setiap apa yang diberikan olah Sang Maha Pemberi Nikmat, Allah SWT.

Beberapa program yang telah dilaksanakan dan berhasil membawa nama SMP Negeri 42 diantaranya mengikuti Sekolah Adiwiyata, Sekolah Rahmah Anak, kerja sama dengan puskesmas, penyelenggaraan bakti sosial dan donor darah dan beberapa program yang berkaitan dengan kewirausahaan dan lingkungan hidup. Semua program direncanakan dengan baik, dijalankan dengan penuh tanggung jawab, dievaluasi yang tentu saja menggandeng wali murid dan Komite Sekolah untuk berpartisipasi dan mendukung kegiatan sekolah. Dukungan finansial datang selain dari wali murid yang peduli dengan sekolah, juga diberikan dari Komite Sekolah yaitu Bapak Rifki yang juga sebagai staf di Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Beberapa kegiatan ekstra kurikuler yang telah mencetak prestasi dan membawa banyak trofi kejuaraan adalah paskibra, silat, pramuka, jurnalistik dan dance. Paskibra merupakan eskul yang favorit dan peminatnya banyak sehingga anggotanya harus diseleksi. Beberapa kejuaraan yang telah diraih paskibra pada  tahun 2019 adalah : juara umum Galaxy, Danton terbaik, penampil terbaik, Juara Utama 2, Runner up Agraris 2019, Juara 3 PBB se-Pulau Jawa.

      

Bidang olah raga dan seni diantaranya Juara 1 taekwondo pada Popda Tingkat Eks Karesidenan Semarang tahun 2019 diraih oleh Ronaldy, Juara 1 lomba cipta dan baca puisi atas nama Jessiva kelas IX F. Selain itu kitajuga aktif pada kegiatan yang melibatkan pelajar diantaranya Lomba Dongeng Bahasa Jawa se-Kota Semarang, Diklat Kawah Kepemimpinan Pelajar SMP Kota Semarang.

 

Tentang Penulis: Noorlanyati

Gambar Gravatar
Noorlanyati, guru IPA SMP Negeri 42 Semarang. Email noorlanyati@gmail.com NPA PGRI 1201016759

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed