PENGALAMAN BERHARGA

 

PENGALAMAN BERHARGA

NUR AISAH MTSN BANGKALAN

NPA  13342000026

Ditengah-tengah kesibukan membuat soal ujian, menulis harian di blog , tiba-tiba ada telpon dari bapak kepala sekolah di lembaga saya mengajar , Bapak Rustam namanya. Saat itu waktu menunjukan pukul 13.00 tiba-tiba telpon berdering . Terlihat nama beliau muncul . saya langsung sigap menyahutnya.

Tanpa basa- basi beliau menunjuk saya menjadi pemateri daring bagi guru-guru sekolah swasta. Saya yang saat itu bersiap-siap mau solat duhur bingung mau jawab apa. Saya mencoba untuk mengelaknya. Mengusulkan nama –nama ibu hebat yang ada di sekolah kami .Tapi ternyata menurut beliau, mereka justru menunjuk saya.

Saya coba menjawab dengan keraguan dan suara rendah. Tapi Bapak kepala sekolah yang saat itu menunggu kepastian dari saya , menyemangatinya .Membangkitkan rasa percaya diri saya untuk melangkah. Akhirnya setelah melalui tawar menawar dan dialog yang cukup lama, saya tekatkan hati untuk memenuhi tugas sebagai pemateri daring bimtek pembuatan soal ujian. Saya terima tantangan itu, walaupun masih setengah hati. Bismillah insyaAllah jawabku.

Perasaan bingung sudah mulai mampir dianganku. Apa yang harus saya lakukan terlebih dulu. Antara mempersiapkan materi sebagai nara sumber, menulis harian di blog, membuat soal ujian ulang.yah Soal ujian madrasah yang telah selesai saya buat beberapa hari lalu, terpaksa tidak dipakai.Karena ada pedoman kisi-kisi soal dari pusat datang belakangan. Kecewa pasti. Tapi tidak berlangsung lama.

2 hari adalah waktu yang diberikan pihak kepala sekolah untuk mempersiapkan diri. Waktu yang cukup sebentar pikirku.Saya lakukan persiapan itu seperlunya sambil lalu menulis harian sebagai rutinitas saya.Ternyata, jika kegiatan menulis dipaksakan , ahirnya bisa juga . Alhamdulillah . Saya bersyukur masih bisa membagi waktu .Walaupun agak bercampur setres.Hem…

Waktu yang dinantikan tiba. Hari kamis tanggal 18 februari 2021 jam 08.00 saya langsung bergabung di link zoom yang sudah dibagikan malam harinya. Menit-menit pertama tampak masih ada beberapa guru yang hadir. Rasa deg degan sudah mulai menyelinap. Tapi langsung saya tepis. Guru yang bertugas di sesi 2 pun juga hadir di ruangan. Sekedar ingin tahu situasi dan menyaksikan penampilan saya katanya.

Beberapa menit kemudian hos meeting mulai membuka acara kemudian langsung mempersilakan Bapak KASI PENDMA untuk memberikan sambutan.Saya lihat beliau ada di perjalanan. Nampak beberapa orang yang ikut serta. Dalam sambutannya beliau mengharap agar semua peserta mengikuti dengan baik.

Kini tiba giliran nama saya dipanggil untuk langsung memberikan materi. Tanpa basa basi langsung saya sambut dan saya awali dengan salam pembuka. Tidak ada sahutan suara sedikitpun.Karena sengaja di unmut semua. Materi demi materi saya sampaikan dengan penuh semangat.Ada sedikit gangguan sinyal dan laptop tiba-tiba mati yang menyebabkan saya keluar dari zoom. Saya menyadari tentang ini. Karena apapun bisa terjadi jika kegiatan itu dilakukan secara daring.

Tidak lama kemudian mulai bergabung lagi dan melanjutkan pemberian materi. Selama 2 jam kurang saya menyampaikan materi kemudian dilanjutkan tanya jawab. Ada sekitar lima pertanyaan yang muncul dan alhamdulillah saya menjawabnya dengan lancar. Karena tidak ada lagi yang bertanya ahirnya acarapun di tutup jam 10.45. Alhamdulillah puji syukur padaNya. Sudah melewati tantangan ini dengan lancar. Terimakasih ya Allah.

Tinggalkan Balasan