oleh

Kolaborasi dalam Menulis

-Terbaru-Telah Dibaca : 57 Orang

Kolaborasi dalam Menulis
Oleh Nuraini Ahwan

Menjadi anggota komunitas menulis di berbagai nama grup membuat jejaring pertemanan semakin banyak. Semakin banyak teman semakin luas cakrawala berpikir, berdiskusi, berbagi dan berkolaborasi. Percaya atau tidak tentang pernyataan ini, tentu saja membutuhkan sedikit pembuktian.

Kolaborasi yang diperoleh dari pertemanan lewat whatsaap grup menulis tentu menjadi bukti bertambah luasnya cakrawala atau jangkauan pandangan kita .Kolaborasi yang merupakan kerjasama dengan seseorang atau orang lain untuk suatu perbuatan atau pekerjaan. Kolaborasi yang menghasilkan karya sungguh luar biasa. Kolaborasi juga menggungah nyali seorang penulis pemula. Dari tidak memiliki percaya diri sampai pada munculnya semangat tinggi untuk menulis.

Lahirnya buku antologi dengan berbagai genre tulisan membuktikan bahwa jejaring ini membangun kolaborasi yang solid di antara seluruh anggota grup. Lahirnya buku antologi ini pula yang menambah imun penulis pemula untuk terus dan terus menulis sampai kepada keberanian merambah dunia blog. Menyimpan tulisan dalam blog yang sewaktu- waktu bisa dibuka.

Blog ibarat tempat menabung dan tulisan adalah dana yang kita tabung. Tabungan atau tulisan bisa kita ambil sewaktu-waktu ketika kita butuhkan. Jika kita butuhkan untuk diterbitkan, maka tulisan yang ada di blog bisa kita pilih-pilih, pilah-pilah sesuai dengan tema yang akan kita terbitkan menjadi buku. Entah itu mau terbitkan menjadi buku tunggal atau solo maupun kita terbitkan dalam buku bersama, atau kolaborasi dengan teman. Pilhan cara menerbitkan buku tergantung pada penulis sendiri.

Blog yang dibaca oleh orang lain, dikomentari selalu positif. Komentar ini tidak mematahkan semangat penulis apalagi penulis pemila agar para penulis terus berkarya lewat tulisan. Bisa jadi jugai ada pembaca tertarik pada tulisan kita atau memotivasi kita dan itu merupakan bonus bagi kita. Tetapi jika tidak, atau tak ada yang membaca, biarkan saja karena tidak ada ruginya juga buat kita.

Ketertarikan seseorang pada tulisan kita berdampak pada adanya ajakan kolaborasi untuk menghimpun tulisan dalam blog. Selanjutnya diterbitkan menjadi buku agar mempunyai nilai manfaat. Bermanfaat bagi penulis sendiri dan bermanfaat untuk pembaca yang lebih banyak lagi.

Lomba blog ke. 20

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed