oleh

Monitoring Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi

-Terbaru-Telah Dibaca : 130 Orang

Oleh Nuraini Ahwan

Izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa new normal atau masa tatanan baru, covid 19 yang di keluarkan oleh Bupati sudah dikantongi oleh sekolah kami. Izin itu menjadi dasar kami melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak 9 Nopember 2020 lalu.
Bapak H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si, Bupati Lombok Barat sekaligus sebagai selaku Ketua Satuan Tugas Penanganam Covid 19 di Kabupaten Lombok Barat tidak main -main dengan keputusan atau izin yang sudah dikeluarkan ini. Terbukti dari 11 sekolah yang telah mendapatkan izin telah melaksanakan tatap muka dan tetap dalam pemantauan tim. Beliau menggandeng beberapa instansi atau lintas sektoral untuk memantau pembelajaran kami dan tergabung dalam tim monev.

Senin 18 Januari 2021 untuk kesekian kalinya sekolah kami, SDN 1 Dasan Tereng mendapat kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang sudah, dan tengah kami lakukan. Semuabertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka sesuai dengan SKB 4 Meneteri dan SOP yang sudah disusun oleh sekolah.

Berbeda dengan pemantauan sebelumnya, pemantauan hari ini cukup membuat kami berbangga hati. Bagaimana tidak? Pemantauan hari ini, Bapak Bupati menurunkan pejabat nomor satu di instansi tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan yang terkait dengan pendidikan dan penanganan covid 19.

Pejabat yang tergabung dalam tim monitorng dan evaluasi yang ditugaskan oleh Bapak Bupati adalah:
‌1. Kapolresta Mataram
‌2. Dirut Rumah Sakit
‌3. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebupaten
‌4. Camat dari 2 kecamatan yang secara geografis berdekatan dengan sekokah kami (Narmada – Lingsar)
‌5. Kapolsek dari 2 kecamatan yanh secara geografis juga berdekatan dengan sekokah kami (Narmada-Lingsar).

Di samping tim yang ditugaskan oleh Bapak Bupati, sekolah menghadirkan juga Kepala UPT Dinas Dikbud Kecamatan Narmada, pengawas bina dan komite sekolah..Dalam hal ini, Kepala UPT, pengawas dan komite bersama Kepala Sekolah memerankan diri sebagai tuan rumah menyambut dan mendampingi tim yang dibentuk Bapak Bupati.

Pelaksanaan pemantaun berjalan lancar. Berada di tengah-tengah tim monev, kami merasakan perhatian dan keseriusan Bapak Bupati terhadap pembelajaran ini. Pelaksanaan harus betul-betul memperhatikan SKB 4 Menteri dan mengikuti prokes yang benar. Tak kalah pentingnya juga adalah komitmen, keseriusan dan tanggung jawab yang besar di pundak para pendidik. Dukungan masyarakat dan orang tua teramat penting juga dalam keberlangsungan pembelajaran tatap muka di masa covid 19 ini.

Dalam bincang-bincang akhir bersama Dirut Rumah Sakit Awet Muda dan tim bahwa pembelajaran di sekolah kami sudah sesuai prokes. Besar harapan kami bahwa sekolah kami akan tetap bisa melanjutkan pembelajaran tatap muka di masa new normal baru ini.

Meskipun hasil monitoring semuanya baik, tetapi kembali kepada kebijakan dan SOP bahwa jika pada saat pembelajaran tatap muka ada siswa yang terindikasi terpapar covid 19, maka pembelajaran tatap muka segera ditutup.

Lombok, 7 Februari 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed