oleh

Orang Orangan Sawah

-Berita, Flora Fauna, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 603 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Orang Orang Sawah.

Kemarin (Kamis, 25/02/2021) pagi setelah saya membuat artikel untuk rubrik NGETEH MORNING maka seperti biasa saya melihat lihat akun Instagram saya. Di laman Search, saya melihat sebuah foto yang nampaknya viral yaitu pak Jokowi yang tengah memandangi Orang Orangan Sawah saat melakukan kunjungan kerja ke lumbung padi dan bendungan baru di Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Seperti biasa ratusan komen pro dan kontra atas foto tersebut.

Saya tak ingin membahas foto yang tengah viral tersebut namun saya ingin mengulas tentang Orang Orangan Sawah yang berada di areal persawahan.

Sudah sejak jaman kuda gigit besi, begitu istilah di jaman saya dulu, Orang Orangan Sawah sudah menjadi alat dari petani untuk mengusir burung yang menjadi hama bagi tanaman padi.

Petani yang menggarap lahan persawahan yang cukup luas tentu tak mampu untuk mengawasi burung burung yang akan merusak tanaman padinya. Oleh karena itu, petani membuat sebuah boneka yang dibuat mirip dengan sosok dirinya dan banyak orang menyebutnya dengan Orang Orangan Sawah.

Di lahan persawahan yang cukup luas biasanya petani membuat sebuah gubuk kecil untuk tempat dia beristirahat. Dari gubuk kecil tersebut, Orang Orangan Sawah dikendalikan dengan menghubungkannya dengan seutas tali dari gubuk ke sosok Orang Orangan Sawah.

Kemudian Orang Orangan Sawah tersebut diberi semacam bunyi bunyian yang bila digerakkan oleh seutas tali dari gubuk maka akan menimbulkan suara yang cukup keras.

Bunyi bunyian dari Orang Orangan Sawah inilah yang membuat burung enggan mendekati tanaman padi.

Jadi fungsi dari Orang Orangan Sawah ini adalah menggantikan peran petani untuk mengusir burung yang mau mendekat ke tanaman padi. Intinya si Orang Orangan Sawah digunakan untuk menipu burung yang datang ke areal persawahan.

Orang Orangan Sawah menjadi teman setia petani hingga panen tiba ..

Apakah anda pernah melihat atau berdekatan dengan Orang Orangan Sawah yang saya ceritakan seperti tersebut di atas ?

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 26 Februari 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed