oleh

Tetap Menulis Meski Dalam “Perantauan”

-Berita, BUKU, Hobi, Literasi, Pantun, Peristiwa-Telah Dibaca : 473 Orang

Selamat pagi sobat,

Sudah 27 hari saya berada di kota Surabaya dan saya mengistilahkannya dalam “perantauan”.

Ketika masih dalam perantauan, kgiatan mengajar telah masuk masa jeda karena para mahasiswa tengah menjalani Ujian Utama dan Ujian Akhir Semester (UAS). Kegiatan perkuliahan untuk Semester ATA 2021-2022 baru akan dimulai lagi pada awal bulan Maret 2022.

Salah satu aktivitas lain yang saya lakukan tentu saja menulis dan mempublikasikannya di website YPTD : terbitkanbukugratis.id dalam rubrik ini kemudian di blog pribadi : doviri974.blogspot.com dan Kompasiana.com.

Kegiatan menulis yang hampir rutin saya lakukan adalah membuat tulisan berupa ulasan dari setiap laga dari kompetisi BRI Liga 1 2021-2022.

Hal tersebut cukup menyita waktu saya karena jadwal pertandingan dari pekan ke pekan begitu rapat.

Kompetisi BRI Liga 1 2021-2022  ini sudah berlangsung selama 23 pekan dan dari 23 pekan tersebut, saya sudah mengabadikan kumpulan tulisan saya dalam tiga buku ber-ISBN yang diterbitkan oleh Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD).

Adapun buku pertama adalah kumpulan tulisan dari pekan pertama hingga pekan ke-12 (Edisi lengkap – Seri 1 dan Seri 2). Kemudian buku kedua adalah kumpulan tulisan dari pekan pertama hingga pekan ke-6 (Seri 1) dan buku ketiga adalah kumpulan tulisan dari pekan ke-7 hingga pekan ke-12 (Seri 2).

Sedangkan draft buku untuk buku berikutnya yang merupakan kumpulan tulisan dari pekan ke-13 hingga pekan ke-17 (Seri 3) sudah siap untuk diajukan ke penerbit YPTD setelah saya kembali dari Surabaya.

Sementara kumpulan tulisan dari pekan ke-18 hingga pekan ke-23 masih tersimpan dalam blog doviri974.blogspot.com. Sepulang saya dari Surabaya maka baru akan saya jadikan draft buku untuk dua buku yaitu buku Seri 4 A dan buku Seri 4 B.

Rencananya, kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 dengan pertandingan sebanyak 34 pekan akan saya jadikan sebanyak 6 atau 7 buah buku.

Selain membuat tulisan berupa ulasan dari setiap laga dari kompetisi BRI Liga 1 2021-2022, saya juga tengah membuat tulisan berupa ulasan laga Liga Primer Inggris 2021-2022 dari 7 klub unggulan (versi saya) yang bertanding yaitu Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur dan Leicester City.

Liga Primer Inggris 2021-2022 sudah memasuki putaran kedua. Sedangkan draft buku untuk putaran pertama sudah siap diajukan ke penerbit YPTD sepulang saya dari Surabaya.

Kepergian saya ke Surabaya tak sempat membawa laptop dan flash disk yang berisikan file dari buku buku saya maupun yang masih berupa draft buku sehingga rencana untuk menerbitkan buku untuk bulan Januari 2022 dan bulan Februari 2022 menjadi tertunda. Hal tersebut membuat antrian dari buku yang saya akan terbitkan menjadi lebih panjang. Ada sekitar 9 draft buku yang sudah siap diajukan dan kemudian ditambah 5 draft buku yang bakal saya kerjakan sepulang saya dari Surabaya.

Pekerjaan ini tentu saja bakal menumpuk dan belum lagi aktivitas menulis harus terus berlanjut. Namun motivasi dan semangat tidak boleh kendor demi mewujudkan keinginan yang harus dicapai.

Bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian ..

Ada rasa bahagia tentu saja bila kelak saya bisa melihat deretan buku buku yang terpajang dalam lemari buku yang memuat kumpulan tulisan dari kompetisi BRI Liga 1 2021-2022 dan Liga Primer Inggris 2021-2022.

Insya Allah ..

#Wujudkan30Buku ..

#DiTahun2022 .. 

Sobat, sebelum saya undur diri, ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun :

Kong Mingan Pergi Ke Kota Bengkalis

Lewat Jalan Berliku Liku

Menulis Dan Teruslah Menulis

Hingga Terkumpul Dalam Sebuah Buku

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH,

Surabaya, 9 Februari 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan