oleh

Delapan Situs Bersejarah Di Indonesia Yang Diakui UNESCO

-Flora Fauna, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 375 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari ini saya mengulas topik di rubrik NGETEH MORNING tentang delapan situs bersejarah di Indonesia yang diakui oleh Badan Khusus PBB, UNESCO.

Seperti diketahui bahwa UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) merupakan Badan Khusus PBB yang didirikan pada tahun 1945.

UNESCO mempunyai anggota 191 negara yang bertujuan untuk mendukung perdamaian dan keamanan dunia. .

Salah satu program yang dijalankan oleh UNESCO adalah menjaga Situs Bersejarah yang menjadi warisan dunia. Program ini bertujuan mendata, menjaga dan melestarikan tempat-tempat yang menjadi warisan sejarah dunia.

Apabila suatu tempat terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia maka akan mendapatkan bantuan dari UNESCO terutama dalam menjaga keberadaan dan pelestariannya.

Setidaknya ada 8 tempat di Indonesia yang dinyatakan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Delapan Situs Warisan Dunia adalah sebagai berikut :

1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah pada abad ke-14. Candi Borobudur terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar.

Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Sejak ditemukan pada tahun 1814, pemerintah dan UNESCO terus berusaha melakukan penyelamatan dengan melakukan pemugaran terhadap candi Borobudur.

Oleh karena itu, UNESCO menetapkan candi Borobudur sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Kawasan candi ini termasuk yang termegah dan terindah di Asia Tenggara.

Candi ini memiliki arsitektur bangunan tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Dewa Siwa sebagai candi utama dengan ketinggian yang mencapai 47 meter.

Candi Prambanan termasuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991. Terdiri dari 3 candi di halaman utama, yakni candi Dewa Siwa, candi Dewa Brahma dan candi Dewa Wisnu.

Namun, secara keseluruhan kawasan ini mempunyai luas sekitar 240 hektar.

3. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo merupakan tempat habitat  binatang purba Komodo atau Kadal Raksasa. Selain itu Taman Nasional Komodo juga mempunyai pemandangan yang sangat indah. Taman Nasional Komodo diakui dunia sebagai salah satu “New 7 Wonders”.

Dengan luas lahan yang mencapai 173.300 hektar, Taman Nasional Komodo memiliki tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta pulau-pulau kecil lainnya.

Ketiga pulau tersebut adalah habitat alami dari binatang purba Komodo.

Dibangun sejak 1980, Taman Nasional Komodo selain tempat hidup binatang purba Komodo juga memiliki 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan dari Asia dan Australia.

Di kawasan ini terdapat juga sekitar 1.000 spesies ikan dengan terumbu karang yang indah dipandang mata.

4. Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Taman Nasional Ujung Kulon masuk Situs Warisan Alam Dunia sejak 1991. UNESCO telah memberikan dukungan pendanaan dan bantuan teknis untuk meningkatkan kemampuan pengelolaanvdan pelestariannya.

Taman Nasional Ujung Kulon yang sekarang merupakan salah satu dampak dari letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883.

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini mempunyai luas sekitar 122 ribu hektare.

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki beberapa pulau konservasi dan juga pariwisata, yakni Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, dan Pulau Peucang.

Salah satu ciri khas habitat di sini yakni Badak bercula satu, owa Jawa, surili , dan anjing hutan.

5. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz merupakan taman terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 2,4 juta hektar. Pada 1999, Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Akses menuju Taman Nasional Lorentz cukup sulit. Sebab, kawasannya masih merupakan hutan yang sangat lebat dan alami. Taman Nasional Lorentz ini dikenal sebagai salah satu tempat salju abadi di Indonesia.

Salah satu primadona objek wisata di sini yakni Gunung Cartenz setinggi  4.884 MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut).

6. Kawasan Pertanian Subak, Bali

Sebagai negara agraris, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, ditambah secara geografis Indonesia dinilai sangat strategis.

Salah satu kawasan pertanian yang terkenal di dunia yakni Subak, Bali. Pada tahun 2012 UNESCO mengakui Subak, yang mempunyai sistem irigasi baik sebagai Situs Warisan Dunia.

Selain itu, Subak berhasil menampilkan pemandangan sawah terasiring yang elok dengan memadukan adat dan budaya khas Bali. Terdapat pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul, untuk menghormati Dewi Sri.

7. Situs Manusia Purba Sangiran, Sragen Jawa Tengah

Situs Sangiran diakui para ilmuwan menjadi salah satu situs yang paling penting di dunia untuk mempelajari sejarah manusia yang pernah hidup di dunia katena telah ditemukannya fosil manusia purba.

Sangiran disejajarkan bersama situs Zhoukoudian (Tiongkok), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge (Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan).

Sangiran terletak di Jawa Tengah, sekitar 15 kilometer sebelah utara kota Surakarta (solo) di lembah Sungai Bengawan Solo. Kawasan seluas 56 kilometer persegi ini dipilih UNESCO menjadi Situs Warisan Dunia pada 1996.

8. Hutan Hujan Tropis, Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera mempunyai luas wilayah sekitar 2,5 juta hektare yang terdiri dari 3 Taman Nasional. Kawasan hutan ini mencakup Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sebagai hutan lindung, terdapat beberapa spesies hewan yang hampir punah. Di antaranya adalah Harimau Sumatera, Orangutan Sumatera, Gajah Sumatera, dan Badak Sumatera.

Ketiga Taman Nasional ini juga menyimpan berbagai jenis tumbuhan endemik seperti kantong semar, bunga terbesar di dunia Rafflesia Arnoldi, dan bunga tertinggi Amorphophallus titanum.

Sumber utama : idntimes.com (13/10/2017)

Semoga bermanfaat ..

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 8 Maret 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed