oleh

Kembali Memberikan Kuliah Lewat Daring

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari ini saya mengulas topik di rubrik NGETEH MORNING tentang kembali memberikan kuliah lewat daring (dalam jaringan).

Tak terasa masa perkuliahan Semester ATA 2020 – 2021 telah dimulai sejak kemarin (Senin, 08/03/2021) dan dilaksanakan masih secara daring mengingat pandemi COVID-19 masih sangat mengkhawatirkan jika dilakukan secara tatap muja langsung.

Saya mendapat tugas untuk mengajar materi kuliah Pengantar Teknik Kompilasi dan mulai memberikan kuliah pada hari ini (Selasa, 09/03/2021) menggunakan tatap muka virtual via Google Meet secara maraton.

Kelas pertama akan dimulai jam 07.30 dan akan berlangsung selama tiga jam dan berakhir pada jam 10.30 WIB. Hanya butuh waktu istirahat satu jam, kelas kedua akan dimulai pada jam 11.30 WIB. Kelas kedua ini juga berlangsung selama tiga jam hingga jam 14.30 WIB.

Tidak ada waktu jeda, kelas ketiga akan dimulai jam 14.30 WIB dan baru selesai tiga jam setelahnya yaitu pada jam 17.30 WIB.

Waktu perkuliahan selama tiga jam, saya hanya menggunakan sekitar dua sampai dua setengah jam saja mengingat faktor U juga .. hehehe ..

Perkuliahan perdana atau minggu pertama, biasanya saya belum menyampaikan materi kuliah  kepada mahasiswa namun saya mengisi perkuliahan dengan penjelasan secara umum penyampaian perkuliahan yang bakal berlangsung selama 14 minggu. Kemudian juga menjelaskan tugas tugas dan test yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama perkuliahan satu Semester.

Selanjutnya saya secara transparan menjelaskan penilaian dari tugas tugas dan test dan juga  Ujian Tengah Semester (UTS).

Yang tak kalah pentingnya, saya akan mengingatkan kehadiran mahasiswa di ruang kelas virtual ataupun di V-Class secara tepat waktu.

Meskipun kuliah dilakukan secara daring namun saya meminta mahasiswa untuk tetap disiplin dalam mengikuti perkuliahan.

Disiplin juga saya terapkan saat mahasiswa harus mengerjakan tugas tugas yang saya berikan dan dikumpulkan secara tepat waktu.

Materi kuliah sudah saya siapkan untuk setiap minggunya dan mudah mudahan dapat saya berikan kepada mahasiswa tanpa kendala apapun.

Dan yang terpenting saya tetap diberikan nikmat sehat oleh Allah Subhannahu Wa Ta’ala sehingga saya dapat memberikan perkuliahan kepada mahasiswa sesuai jadwal.

Insya Allah ..

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 9 Maret 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

News Feed