oleh

Membangun Generasi Literasi

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari ini saya mengulas topik di rubrik NGETEH MORNING tentang membangun Generasi Literasi.

Di Perguruan tinggi tempat saya mengajar, perkuliahan Semester ATA 2020 – 2021 akan dimulai minggu depan. Setiap Dosen sudah mendapatkan email untuk jadwal mengajar dan mata kuliah yang harus diajarkan.

Dua hari yang lalu (Selasa, 02/03/2021) telah dilakukan briefing dari Ketua Prodi (Program Studi) Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang secara gamblang menjelaskan rencana perkuliahan dan pencapaian pengajaran untuk Semester ATA 2020 – 2021.

Yang menarik untuk saya ulas di sini yaitu dosen disamping memberikan materi kuliah kepada mahasiswa namun juga diminta untuk mengajak mahasiswa menjadi gemar menulis.

Setiap mahasiswa di perguruan tinggi ini pada akhirnya harus menulis, apakah menulis untuk Penulisan Ilmiah dan/atau menulis untuk Skripsi dan kedua hal tersebut nantinya harus diuji di depan dosen penguji.

Oleh karena itu sebelum mahasiswa sampai pada Penulisan Ilmiah dan/atau Skripsi maka dosen diharapkan untuk memberikan tugas tugas yang berkaitan dengan menulis, misalnya memberikan tugas untuk penulisan sebuah artikel ilmiah.

Dengan  pemberian tugas menulis artikel ilmiah diharapkan mahasiswa akan menjadi terbiasa untuk menulis dan bahkan menjadi gemar menulis.

Apa yang diharapkan oleh Ketua Prodi di Semester ATA 2020 – 2021 ini patut diapresiasi dan layak ditindaklanjuti.

Di Semester sebelumnya yaitu Semester PTA 2020 – 2021, sebenarnya saya sudah melaksanakan seperti yang diharapkan oleh Ketua Prodi yaitu dengan memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menulis sebuah artikel ilmiah.

Kemudian saya memilih 5 mahasiswa untuk mempublikasikan tugas artikel ilmiahnya pada website YPTD : terbitkanbukugratis.id.

Alhamdulillah, 4 artikel ilmiah dari mahasiswa tersebut terpilih untuk diabadikan dalam buku YPTD yaitu Kompilasi Artikel Penulis YPTD Edisi November 2020 Jilid I.

Bahkan lebih dari pada itu, kumpulan tugas artikel ilmiah dari para mahasiswa tersebut sudah saya persiapkan menjadi dua buah buku setelah melalui proses edit terlebih dahulu.

Atas seijin bapak Haji Thamrin Dahlan selaku Ketua Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) maka dua buku tersebut oleh penerbit YPTD akan diajukan ke Perpustakaan Nasional untuk menjadi buku yang ber-ISBN.

Saya berkeinginan bahwa mahasiswa sebagai bagian dari anak anak milenial harus bisa menjadi pelopor untuk sebuah generasi baru yaitu Generasi Literasi.

Harapan saya bahwa Generasi Literasi merupakan generasi yang berisikan anak anak milenial yang gemar menulis berbagai topik ilmiah yang berkualitas.

Tulisan tulisan ilmiah mereka layak diabadikan dalam sebuah buku yang ber-ISBN dan tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional sehingga kelak bisa dibaca oleh generasi penerusnya.

Insya Allah ..

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 4 Maret 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed