oleh

Filosofi Keteladanan Dari Sifat Seekor Kodok

Selamat pagi sobat,

Diiringi hujan turun di pagi hari ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang filosofi keteladanan dari sifat seekor Kodok.

Kodok adalah sejenis hewan pemakan serangga yang dapat hidup di dua alam, yakni di darat maupun di air tawar. Oleh karena itu Kodok kerap disebut sebagai hewan amfibi.

Seekor Kodok memiliki kulit yang licin. Pada umumnya berwarna hijau atau merah kecokelatan.

Dalam dunia filsafat ternyata Kodok memiliki filosofi tersendiri dalam kehidupan manusia. Ada beberapa sifat Kodok yang patut menjadi teladan bagi kita sebagai manusia agar hidup dapat lebih bermakna.

Beberapa sifat Kodok yang bisa kita petik hikmahnya adalah sebagai berikut :

1. Kodok mudah beradaptasi 

Seperti kita tahu bahwa Kodok dapat hidup di dua alam yaitu di darat dan di air. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kodok mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Hikmah bagi kita sebagai manusia adalah kita harus dapat beradaptasi dengan lingkungan di mana kita berada agar dapat diterima dengan baik oleh orang orang yang berada di lingkungan tersebut.

2. Kodok selalu menatap ke depan 

Perhatikan bahwa Kodok tidak pernah melihat ke belakang. Kodok selalu menatap ke depan dan terus melompat.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa kita harus selalu bergerak maju dan pantang mundur dalam menjalani kehidupan. Kita harus memiliki pemikiran ke depan atau futuristik.

3. Kodok selalu sabar dalam berproses 

Seekor Kodok melewati proses evolusi yang panjang mulai dari telur, berubah menjadi berudu dan tumbuh menjadi katak dewasa. Hal ini yang dimaknai sebagai Kodok yang sabar dalam  proses.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa kita harus senantiasa bersabar dan menikmati setiap proses dalam kehidupan yang harus kita jalani.

4. Kodok selalu berani mengambil resiko 

Seekor Kodok akan berani melompat dari sebuah ketinggian untuk bisa mencapai bunga teratai dengan selamat. Hal ini berarti bahwa Kodok berani mengambil resiko terhadap apa yang dilakukannya.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa jika kita ingin maju maka kita harus berani mengambil resiko dari apa yang kita lakukan dalam menjalani kehidupan.

5. Kodok memiliki jiwa petualang

Sejatinya seeokor Kodok adalah hewan penjelajah atau pergi ke mana saja. Oleh karena itu Kodok memiliki sifat petualang. Kodok suka berpetualang ke tempat-tempat baru.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa kita juga harus memiliki jiwa petualang atau jiwa inovasi dalam istilah kerennya agar kita dapat menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

6. Kodok itu hewan yang lincah dan gesit

Seekor Kodok merupakan hewan yang sangat lincah melompat dari satu tempat ke tempat lain. Kemudian juga gesit untuk menghindar jika dirinya merasa terancam.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa kita tentu bisa bisa lincah dan gesit seperti seekor Kodok dalam melewati setiap rintangan  yang harus kita hadapi dalam kehidupan.

7. Kodok adalah hewan periang

Kodok selalu mengeluarkan bunyi bunyian dari mulutnya  setelah hujan turun di malam hari. Ia terus ber”nyanyi” seperti menikmati cuaca yang segar setelah tutun hujan. Hal ini menunjukkan bahwa Kodok adalah hewan yang periang.

Hikmah bagi kita sebagai manusia bahwa kita harus memiliki sifat periang. Kita bisa menghibur diri kita sendiri maupun orang lain sehingga membuat hidup kita terasa lebih bermakna dan bahagia.

Nah itulah beberapa keteladanan dari sifat seekor Kodok yang bisa kita petik sebagai hikmah dalam menjalani kehidupan di dunia fana ini.

Sumber : www.idntimes.com (26/07/2019)

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Seekor Kodok Tengah Bernyanyi Riang

Usai Hujan Yang Membawa Nostalgia

Jangalah Kamu Berhenti Berjuang

Hingga Datang Saatnya Bahagia

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari yang dingin ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 7 April 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed