oleh

Memotivasi Mahasiswa Untuk Gemar Menulis

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Memotivasi Mahasiswa Untuk Gemar Menulis.

Kemarin (Selasa, 13/04/2021) saya memberikan perkuliahan kepada mahasiswa secara Virtual Class (V-Class) setelah 5 Minggu menggunakan G-Meet atau tatap muka secara virtual.

Perkuliahan secara V-Class artinya mahasiswa akan menerima materi kuliah untuk dipelajari secara mandiri dan selanjutnya akan mendapatkan tugas tugas yang berkaitan dengan materi kuliah yang diberikan pada hari itu.

Selang satu jam setelah perkuliahan secara V-Class, tugas sudah harus dikumpulkan via Ketua Kelas dan diserahkan kepada saya.

Mengisi kekosongan waktu perkuliahan V-Class selama tiga jam tersebut, saya sempatkan untuk  membaca artikel ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas wajib yang harus dikerjakan.

Dalam Semester ini mahasiswa wajib membuat sebuah artikel ilmiah dengan topik yang mengambil referensi dari materi kuliah yang pernah mereka dapatkan. Saya memberi waktu cukup lama yaitu sekitar 5 Minggu untuk membuat tugas artikel ilmiah tersebut dan Minggu lalu mereka sudah harus mengumpulkan via Ketua Kelas.

Saya melihat dari judulnya, berbagai topik ditulis dalam artikel ilmiah. Tentu saja kualitas isinya tak seragam, sangat tergantung dari kemampuan mahasiswa dalam mengexplore dari problem yang mereka ulas.

Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah mereka kerjakan. Kesungguhan untuk menulis sebuah artikel ilmiah yang berkualitas dapat terlihat dari yang mereka tuliskan.

Saya memang berusaha untuk  memotivasi mahasiswa untuk gemar menulis karena bagaimanapun juga mahasiswa adalah insan intelektual yang harus bisa menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan ilmiah yang berkualitas dan nantinya bisa memberikan manfaat bagi orang yang membaca tulisan mereka.

Salah satu cara untuk memotivasi mahasiswa agar gemar menulis adalah kumpulan artikel dari tulisan mereka akan saya jadikan sebuah buku yang bisa menjadi bukti bahwa mereka pernah membuat sebuah artikel ilmiah dan juga sebagai bukti bahwa mereka adalah insan intelektual.

Adanya Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) yang dikelola oleh Bapak Haji Thamrin Dahlan, sangat membantu saya untuk mewujudkan buku dari kumpulan artikel ilmiah mahasiswa saya menjadi sebuah buku ber-ISBN.

Alhamdulillah ..

Waktu perkuliahan V-Class selama tiga jam di pagi hari kemarin, saya sudah membaca sebanyak 30 artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa saya dalam satu kelas.

Lelah juga mata harus membaca satu pet satu artikel ilmiah dari layar laptop. Oleh karena itu, saya cukupkan dulu membaca artikel ilmiah untuk satu kelas saja. Sedangkan untuk kelas lainnya akan saya lanjutkan pada malam harinya.

Dari 30 artikel ilmiah yang sudah saya baca hanya dua artikel saja yang perlu diperbaiki dari kedalaman pembahasannya sedangkan yang lainnya sudah cukup baik.

Mudah mudahan artikel ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa dari kelas yang lain tak jauh beda dengan apa yang sudah saya baca.

Merekalah yang menjadi tumpuan untuk membangun sebuah generasi literasi di era milenial ini.

Insya Allah ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Bergaya Naik Jeep Wilis

Muter Muter Di Kota Bekasi

Ajak Mahasiswa Gemar Menulis 

Demi Wujudkan Generasi Literasi

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 14 April 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed