oleh

Sosok Pemimpin Yang Luruh, Lereh dan Lirih

-Edukasi, Humaniora, Pantun, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 399 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Sosok Pemimpin Yang Luruh, Lereh dan Luruh.

Ungkapan di atas merupakan ajaran leluhur dari tanah Jawa yang masih sangat relevan dengan situasi dan kondisi sekarang ini.

Hal tersebut telah saya tulis dalam status di akun media sosial saya yaitu Facebook pada tanggal 8 Mei 2010 dengan tajuk Mutiara Pagi.

Tulisan selengkapnya di Mutiara Pagi adalah sebagai berikut :

“Sebagai pemimpin yang menjadi panutan dari yang dipimpin, tentunya dituntut dapat berbuat lebih dengan bersikap dan berperilaku : Luruh, Lereh dan Lirih. Dalam hal ini Luruh berarti tangkas bersemangat, tegas tetapi lemah lembut. Lereh berarti sabar dan selalu siap menjalankan tugas dengan jujur dan amanah. Sedangkan Lirih berarti bertugas dengan perhitungan tepat, tidak terlalu tergesa-gesa”.

Sejatinya seorang Pemimpin itu memang harus menjadi panutan dari orang orang yang dipimpinnya. Panutan berarti memberi contoh, memberi teladan dengan apa yang diucapkan maupun yang dilakukannya.

Pemimpin yang bersemangat, tegas dan lemah lembut akan membuat orang orang yang dipimpinnya akan merasa nyaman dan damai.

Kemudian Pemimpin yang sabar dan menjalankan tugas dengan jujur dan amanah akan memberikan contoh keteladanan bagi orang yang yang dipimpinnya.

Sedangkan Pemimpin yang bertugas dengan penuh perhitungan dan tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan akan menghindarkan orang orang yang dipimpinnya dari kesulitan.

Itulah makna dari sosok Pemimpin yang Luruh, Lereh dan Lirih.

Mudah mudahan para Pemimpin kita dapat menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan ajaran para leluhur dari tanah Jawa yaitu Luruh, Lereh dan Lirih.

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Biologi Itu Dulunya Disebut Ilmu Hayat

Dibimbing Oleh Guru Yang Tanpa Pamrih

Pemimpin Yang Menjadi Panutan Rakyat

Yang Memiliki Perilaku Luruh, Lereh dan Lirih

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 10 Mei 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed