oleh

Mengaktifkan Blog Yang Sudah Lima Tahun Lebih Mangkrak

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Mengaktifkan Blog Yang Sudah Lima Tahun Lebih Mangkrak.

Dua hari lalu (Kamis, 22/07/2021), setelah mempublikasi artikel di rubrik NGETEH MORNING sekitar jam tujuh pagi, seperti biasa saya membuka akun media sosial saya, Facebook, Twitter, Instagram dan Grup Whatsapp (WA). Saya sempatkan kembali membaca di salah satu Grup WA yang tengah berdiskusi tentang seluk beluk Blog. Menarik juga, saya memang tak banyak tahu tentang Blog namun saya ingat bahwa saya pernah membuat sebuah akun Blog di tahun 2015 dan pernah mempublikasi sebuah artikel di Blog tersebut di tahun 2020.

Dari perbincangan tentang Blog di grup WA tersebut, saya jadi penasaran untuk mencari akun Blog saya di mbah Google, barangkali aja masih terekam oleh mbah Google. Setelah saya googling, ternyata akun Blog saya muncul dengan alamat : doviri974.blogspot.com dan ternyata benar akun Blog tersebut  saya buat di bulan Agustus 2015. Saya lupa, kenapa setelah punya akun Blog, saya tidak mempublikasikan satu tulisan pun di Blog tersebut.

Barulah publikasi pertama di Blog tersebut, saya lakukan beberapa tahun kemudian, tepatnya tanggal 26 Februari 2020 dengan sebuah artikel yang berjudul “Persija Taklukkan Geylang Internasional FC 3-1”. Pada saat itu saya ingat, artikel tersebut juga saya publikasikan di media online UC News.

Kemudian saya mengutak ngutik akun Blog saya dari setingan, tema dan yang lainnya. Dari sinilah saya termotivasi untuk mengaktifkan Blog saya dengan mempublikasikan tulisan tulisan saya atau bisa juga mengisinya dengan artikel ilmiah yang berkaitan dengan perkuliahan.

Dalam tiga hari ini saya sudah mempublikasikan tiga artikel di Blog saya. Artikel yang saya publikasikan di Blog tersebut adalah artikel yang juga saya publikasikan di rubrik NGETEH MORNING dalam website YPTD : terbitkanbukugratis.id.

Selain itu, kemarin (Jum’at, 207/2021), saya sudah mendaftarkan Blog saya ke AdSense dan tengah menanti verifikasi dalam waktu 2×24 jam.

Dengan mempublikasi artikel/tulisan di Blog setiap hari dan membagikannya (share) ke akun media sosial milik saya seperti Facebook, Twitter, Grup WA dan Telegram atau juga membuat penugasan kepada mahasiswa saya maka saya berharap Blog saya nantinya bakal ramai pengunjung. Insya Allah ..

Tentu saja mengaktifkan Blog yang sudah lima tahun lebih mangkrak bakal menjadi rutinitas baru saya terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang mengharuskan saya lebih banyak stay di rumah saja.

Beberapa hari mendatang saya bakal disibukkan untuk belajar lebih memahami seluk beluk tentang Blog. Jadilah saya seorang Lansia yang baru mengenal dunia Blog dan saya akan berusaha mengikuti jejak seorang Blogger kondang yang saya kenal, Omjay ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Jika Lewat Jalan Yang Sepi Haruslah Berati Hati

Terutama Di Waktu Dini Hari

Bila Ingin Jadi Blogger Sejati

Maka Menulislah Setiap Hari

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH 

Depok, 24 Juli 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed