oleh

Mengikuti Webinar Berbagi Proses Menulis Buku

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Mengikuti Webinar Berbagi Proses Menulis Buku.

Kemarin malam, saya menyempatkan untuk mengikuti webinar Malam Ke-4 Literasi IT SAGUSAPOP dengan topik Berbagi Proses Menulis Buku dengan nara sumber ibu Aam Nurhasanah, S.Pd, Juara Blogger Nasional.

Webinar ini sangat bermanfaat bagi saya untuk bisa mendengar secara langsung dari seorang yang aktif menulis dan sudah melahirkan banyak buku hasil karyanya.

Dalam webinar tersebut, bu Aam menyampaikan bahwa menulislah dari hal hal yang sederhana atau dari kehidupan sehari hari seperti yang dicontohkan oleh beliau ketika mengupload asinan yang dibuatnya di media sosial miliknya dan ketika banyak dari rekan rekannya berkomentar ingin tau resep asinan yang dibuatnya maka kemudian ibu Aam membuat sebuah tulisan tentang resep membuat asinan.

Naluri seorang penulis memang dimulai dari hal hal yang sederhana atau dari kehidupan sehari hari dan bila sudah menjadi kebiasaan maka tidak akan sulit untuk menulis pada topik yang lebih sulit.

Dari kebiasaan menulis maka akan banyak tulisan yang bisa dikumpulkan menjadi sebuah buku. Tentu saja ada kebanggaan bila kita sudah bisa menerbitkan sebuah buku apalagi buku yang sudah ber-ISBN karena ada peribahasa yang mengatakan bahwa Buku adalah mahkota bagi seorang penulis.

Itulah yang sudah dialami oleh ibu Aam yang telah berhasil menerbitkan banyak buku baik solo maupun antologi.

Saya sangat mengapresiasi dengan prestasi yang sudah dicapai oleh ibu Aam Nurhasanah.

Indonesia memang butuh banyak pelopor dalam memajukan literasi baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, ibu Aam yang juga seorang guru tentu akan menjadi guru penggerak untuk memotivasi siswa didiknya menjadi siswa yang gemar menulis.

Gemar menulis memang harus dimulai dari usia dini atau minimal ketika anak sudah bisa menulis dan membaca.

Saya juga mengapresiasi program yang dilakukan oleh SAGUSAPOP (SAtu GUru SAtu POla Pembiasaan) dalam memotivasi para guru dan siswa untuk menulis dan menerbitkan buku buku ber-ISBN. Salut !

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Ke Pasar Genjing Mau Beli Mainan

Mampir Sebentar Ke Toko Buku

Mari Menulis Jadikan Kebiasaan

Banyak Tulisan Terkumpul Jadilah Buku

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH 

Depok, 18 Juli 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed