oleh

Bungkam PSS 4-0, Borneo FC Lolos Ke Final

-Berita, Olahraga, Peristiwa-Telah Dibaca : 219 Orang

Sumber gambar : instagram.com/pialapresiden

Borneo FC kembali berhasil mengalahkan PSS Sleman dengan skor telak 4-0 di laga Semi Final Leg Kedua Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda pada hari Senin (11/07/2022) malam WITA.

Empat gol yang membawa kemenangan tim berjuluk Pesut Etam ini masing masing dicetak oleh Matheus Pato pada menit ke-16, Stefano Lilipaly pada menit injury time (45+2), Sihran Amarullah pada menit ke-53 dan Diego Michiels pada menit ke-65.

Dengan kemenangan ini, Borneo FC memastikan melaju ke babak Final Piala Presiden 2022 dengan unggul agregat 6-0 atas PSS Sleman.

Seperti diketahui, di laga Semi Final Leg 1, Borneo FC mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-0.

Bagi Borneo FC hal ini merupakan kali kedua berhasil menembus babak Final Piala Presiden setelah sebelumnya di tahun 2017.

Di tahun 2017, tim berjuluk Pesut Etam ini hanta menjadi Runner-Up setelah dikalahkan oleh Arema FC.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Borneo FC melawan PSS Sleman :

Babak Pertama

Mengawali babak pertama, Borneo FC yang sudah unggul agregat dua gol tetap tampil menyerang dan lebih mendominasi permainan.  Sebaliknya, tim tamu PSS Sleman yang defisit agregat dua gol malah terlihat kesulitan untuk bisa menembus pertahanan Borneo FC.

Tim berjuluk Pesut Etam membuka keunggulan pada menit ke-16 lewat sundulan Matheus Pato setelah menerima umpan lambung dari Stefano Lilipaly. Pato yang berdiri di dalam kotak penalti PSS. secara cerdik menyundul dengan memantulkan bola ke tanah sehingga penjaga gawang Dimas Fani sulit untuk bisa menghalau bola.

Gol ini menjadi gol keenam bagi Matheus Pato sekaligus menjadikan dirinya sebagai top skor sementara di Piala Presiden 2022.

Borneo FC unggul 1-0.

Unggul satu gol dan memperbesar keunggulan agregat menjadi tiga gol tak membuat Borneo FC mengendurkan serangan. Trio penyerang Stefano Lilipaly, Matheus Pato dan Terens Puhiri terus merepotkan pemain bertahan PSS Sleman.

Sementara PSS Sleman masih kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan. Serangan tim berjuluk Super Elang Jawa ini kerap kandas ketika mau memasuki kotak penalti Borneo FC.

Justru Borneo FC yang terus memberikan ancaman ke gawang PSS Sleman lewat Stefano Lilipaly, Matheus Pato dan Terens Puhiri.

Pada menit injury time (45+2), Borneo FC berhasil menggandakan keunggulan lewat  tendangan Stefano Lilipaly setelah menerima umpan matang dari Matheus Pato.

Borneo FC unggul 2-0 dan skor tetap bertahan hingga babak kedua berakhir.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro  memasukkan dua pemain bertype menyerang Todd Rivaldo Ferre dan Riki Dwi Saputra.

Sementara itu, Borneo FC lebih banyak memainkan tempo setelah unggul agregat empat gol.

Masuknya Todd Rivaldo Ferre membuat daya serang PSS Sleman lebih hidup. Pada menit ke-51, PSS Sleman memperoleh peluang lewat tendangan Todd Rivaldo Ferre. Namun bola masih meluncur tipis di sisi tiang gawang Borneo FC.

Borneo FC tampil lebih efektif di babak kedua dengan mengandalkan serangan balik cepat. Hal ini yang membuat  petaka bagi lini belakang PSS Sleman.

Pada menit ke-53, Borneo FC memperbesar keunggulan lewat tendangan pemain pengganti, Sihran Amrullah setelah menerima umpan matang dari Terens Puhiri.

Borneo unggul 3-0.

Unggul tiga gol tak mengendurkan permainan menyerang Borneo FC. Sementara PSS Sleman yang sudah tertinggal dengan defisit agregat 5 gol masih berupaya mencetak gol balasan.

Pada menit ke-65, justru Borneo FC berhasil menambah keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Diego Michiels setelah memanfaatkan skema sepak pojok yang berujung kemelut dan bola liar langsung disambar oleh Diego Michiels.

Borneo FC unggul telak 4-0.

Laga berlanjut dengan tempo yang mulai menurun. Borneo FC mampu mengendalikan permainan sehingga PSS Sleman semakin kesulitan untuk menembus pertahanan Borneo FC.

Pada menit ke-87, PSS Sleman justru harus bermain dengan 10 pemain setelah Rifky Suryawan diganjar kartu kuning kedua oleh wasit dan berujung kartu merah.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 4-0 untuk kemenangan Borneo FC.

 

NH

Depok, 11 Juli 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan