oleh

Mengenang Kegembiraan Anak Anak Dan Remaja Di Acara Agustusan

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Mengenang Kegembiraan Anak Anak Dan Remaja Di Acara Agustusan.

Hari ini adalah hari pertama dari bulan Agustus yang merupakan  bulan bagi kita sebagai rakyat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Kemerdekaan RI) di tanggal 17 Agustus.

Di tanggal tersebut bagi sebagian besar rakyat Indonesia biasanya menjadi puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI setelah melalui serangkaian kegiatan yang dimulai bahkan sebulan sebelumnya. Kegiatan yang biasa disebut Agustusan ini dilakukan umumnya dengan pertandingan olahraga seperti sepakbola, futsal, bulutangkis, tenis, tenis meja, catur dan juga lomba lomba seperti panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, sepeda hias, nasi tumpeng dan lomba yang lainnya. Kemudian ada yang mengadakan bazar dan ziarah tabur bunga lalu di puncak kegiatan dilakukan upacara tepat di tanggal 17 Agustus dan resepsi di malam harinya.

Saya pernah merasakan sendiri bagaimana sibuknya untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI di Perumahan saya. Saat itu tahun 2008, saya yang tengah menjabat sebagai Ketua RT 05 ditunjuk oleh Pengurus RW 13 sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2008 di Perumahan saya.

Setelah mendapat amanah tersebut, saya segera membentuk kepanitiaan dan membuat rencana kegiatan yang meliputi kegiatan olahraga untuk anak anak, remaja dan orang tua. Olahraga yang dipertandingkan yaitu bulutangkis untuk remaja/orangtua memperebutkan Piala RW 13, futsal untuk anak anak dan remaja, tenis perorangan untuk remaja dan orang tua.

Kemudian kegiatan Bazar selama tiga hari dan lomba kebersihan lingkungan antar RT. Selanjutnya kegiatan lomba lomba seperti balap karung, makan kerupuk dan lomba lainnya dilakukan setelah Upacara pagi tanggal 17 Agustus kemudian lomba sepeda hias untuk anak anak dan lomba nasi tumpeng antar RT di sore hari dan puncaknya adalah kegiatan Resepsi di malam harinya dengan makan malam bersama dan menampilkan berbagai acara hiburan dari remaja dan band yang didatangkan dari Jakarta.

Alhamdulillah, semua kegiatan dapat berlangsung sesuai rencana. Antusias warga di Perumahan saya begitu besar terutama saat mengikuti acara resepsi yang dihadiri lebih dari 500 warga dan acara resepsi tersebut juga dihadiri oleh pejabat Pemda setempat yaitu Camat Sukmajaya dan Lurah Sukmajaya dan juga diliput oleh stasiun TV yaitu TVRI.

Selanjutnya di tahun 2010, saat itu saya tengah menjabat sebagai Wakil Ketua RW 13 dan juga ikut terlibat dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2010 terutama kegiatan olahraga untuk anak anak dan remaja. Terlihat semangat dan kegembiraan di wajah anak anak dan remaja saat mengikuti berbagau kegiatan olahraga dalam acara Agustusan tersebut

Sebagai pengurus RW, saya memang sangat antusias untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan anak anak dan remaja di Perumahan saya dan saya juga mengagas terbentuknya Ikatan Remaja di Perumahan saya. Dengan adanya wadah tersebut maka diharapkan mereka bisa belajar untuk berorganisasi dan merancang kegiatan mereka sendiri. Dengan demikian akan terjalin kekompakan dan kebersamaan diantara mereka sebagai satu keluarga di Perumahan saya.

Ungkapan akan hal tersebut di atas, saya sempat tuangkan dalam status di media sosial Facebook saya tertanggal 31 Juli 2010 yang isinya sebagai berikut :

“Bahagia rasanya melihat anak anak dan remaja punya kegiatan yang positif dan terarah, selain bisa mengenal dan mengakrabkan satu sama lainnya, mereka juga bisa belajar makna dari kebersamaan, kerja sama dan saling menghargai .. Apa jadinya kalau nanti mereka tidak ada lagi yang mengarahkan, tidak ada yang peduli lagi adanya kegiatan yang sangat berarti buat mereka ..”.

Kenangan itu memang sulit saya lupakan dan Alhamdulillah saya sudah nglakoni filosofi Jawa, Urip Iku Urup ..

Namun sejak adanya pandemi COVID-19 mulai bulan Maret 2020, peringatan HUT Kemerdekaan RI di tahun 2020 tak semeriah biasanya. Kegiatan Agustusan dilakukan secara daring lewat media zoom. Meskipun tetap dilakukan lomba keindahan taman antar RT dan lomba sepeda hias kenudian upacara di tanggal 17 Agustus dan resepsi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tahun ini, kegiatan Agustusan di Perumahan saya belum ada tanda tanda akan dilakukan mengingat adanya pembatasan kegiatan masyarakat dengan diterapkannya PPKM Level 4 hingga besok (2 Agustus) dan bisa jadi bakal diperpanjang.

Pandemi COVID-19 membuat kita tak lagi bisa kumpul kumpul dalam suasana guyup dan gembira ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Si Badu Mau Beli Buah Dengan Potongan Harga

Namun Yang Dijual Hanya Buah Alpukat

Bangunlah Kekompakan Dan Kebersamaan Sesama Warga

Dengan Kegiatan Yang  Bermanfaat

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 1 Agustus 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed