oleh

Yes, Liga 1 Tetap Digelar 20 Agustus 2021

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Kompetisi Liga 1 yang tetap digelar tanggal 20 Agustus 2021.

Kabar baik bagi pecinta sepakbola Indonesia bahwa kemarin (Selasa, 03/08/2021) konfederasi sepakbola Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PSSI menyampaikan bahwa kompetisi Liga 1 2021-2022 tetap digelar tanggal 20 Agustus 2021 meskipun masih dalam masa pandemi COVID-19.

Seperti dirilis oleh kompas.com (03/08/2021) bahwa PSSI memutuskan untuk menggelar Liga 1 2021-2022 di tengah pandemi. Kompetisi bakal kick-off pada 20 Agustus 2021.

Keputusan tersebut diambil setelah PSSI melakukan konsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri.

Kemudian series 1 akan dimulai di zona hijau. Demikian juga untuk series-series selanjutnya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator kompetisi, akan melakukan pertemuan dengan seluruh perwakilan klub Liga 1 secara virtual.

“PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 2021-2022 harus bergulir. Kami masih konsisten pada tanggal 20 Agustus Liga 1 akan bergulir,” ucap Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Untuk itu dalam waktu dekat kami akan menggelar pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan klub Liga 1,” imbuh Yunus Nusi.

“Tentu kompetisi sementara akan tanpa penonton. Kita lihat perkembangan ke depan apakah bisa dengan penonton dengan kapasitas tertentu atau tidak,” kata Yunus Nusi.

Selanjutnya masih seperti dirilis oleh kompas.com (03/08/2021) bahwa Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menuturkan saat ini mayoritas komponen klub Liga 1 dan Liga 2, yakni pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan, sudah mendapatkan vaksinasi hingga tahap kedua.

“Untuk klub Liga 2 juga sebagian besar sudah melakukan vaksinasi. Tentu ini hal yang baik menuju kick-off Liga 1 dan Liga 2,” ucap Hadian.

“Kami ikut membantu tercapainya program herd immunity di komunitas kita sendiri. Yang pasti mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua,” ujar Hadian.

“Dengan adanya kompetisi Liga Indonesia kami berharap menaikkan imun orang-orang di Indonesia. Apalagi kami akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa adanya penonton yang hadir di stadion,” ucap Hadian.

Dari penjelasan PSSI maupun PT LIB sudah jelas bahwa kompetisi Liga 1 dan juga Liga 2 akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di Stadion. Kemudian semua pihak yang terlibat dalam kompetisi tersebut harus sudah di vaksin sampai tahap 2.

Namun ada yang menarik dan patut dipertanyakan adalah pertandingan akan digelar di zona hijau. Seperti diketahui kriteria zona hijau adalah tidak terdapat kasus COVID-19 di daerah yang dikatakan sebagai zona hijau.  Namun ternyata pernyataan zona hijau tersebut kemudian diralat pada kesempatan berikutnya oleh Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian dengan menggantinya dengan zona aman. Entah apa yang dimaksud dengan zona aman karena istilah ini memang tidak terdapat dalam kriteria zona yang ditetapkan oleh Satgas COVID-19, yaitu zona merah, oranye, kuning dan hijau.

Saya kira istilah zona aman yang dimaksud adalah gak jauh beda dengan zona hijau.

Pertandingan di kompetisi Liga 1 harus dilakukan selain tanpa penonton di dalam stadion juga di sekitar stadion harus steril dari kemungkinan kerumunan suporter yang nekat datang ke stadion. Kemudian menghindari klub bertanding di home basenya, seperti Persib Bandung tidak bermain di Bandung dan sekitarnya untuk menghindari suporter fanatik yang nekat datang ke stadion.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah telah memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021. 

Kita berharap setelah tanggal 9 Agustus 2021, PPKM Level 4 tidak diperpanjang lagi dan itu artinya kasus positif baru COVID-19 turun secara signifikan dan tidak berfluktuatif lagi seperti sekarang ini.

Andai PPKM Level 4 terus diperpanjang dan tanggal 20 Agustus 2021 masih masuk dalam waktu PPKM Level 4 yang diperpanjang tersebut. Apakah kompetisi Liga 1 akan tetap kick off ? .. Hal ini yang kita tunggu dalam harap harap cemas.

Tentu saja kita tidak mau kena prank dari PT LIB dan PSSI.

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Lagi Asyik Mancing Tiba Tiba Hujan Turun

Dapetnya Baru Dua Ekor Ikan Selar

Semoga Kasus COVID-19 Menurun

Kompetisi Liga 1 Bisa Digelar

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 4 Agustus 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed