oleh

Rutinitas Minum Teh Setiap Pagi

-Berita, Gaya Hidup, Kesehatan, KMAB, Peristiwa, Terbaru, YPTD-Telah Dibaca : 676 Orang

Selamat pagi sobat,

Rutinitas minum teh di pagi hari sudah saya lakukan sejak tidak lagi minum susu di tahun 90-an.

Pagi ini, saya menikmati segelas teh hangat sembari membaca berita aktual di layar handphone. Saya ingat, ketika masih ada koran yang datang setiap pagi maka minum teh di pagi hari selalu sambil membaca koran. Tanpa terasa, era sudah berganti.

Seperti yang saya baca di detik.food.detik.com (10/08/2018) bahwa minum teh di pagi hari ternyata bukan hanya bisa menenangkan dan menyegarkan namun minuman dari pucuk daun teh ini juga punya banyak manfaat positif.

Berikut 5 manfaat positif yang bisa didapatkan jika mengonsumsi teh di pagi hari :

1. Dapat mengusir stress 

Kalau merasa stres dan banyak pikiran, cobalah menikmati segelas teh hangat. Sebuah penelitian yang dilakukan UCL menunjukkan jika teh bisa mengusir hormon stres pada seseorang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology, membuktikan jika orang yang minum teh mampu menghilangkan stres lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsi teh. Teh yang disarankan adalah teh alami yang diseduh manual. Bukan teh kemasan.

2. Dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke

Seorang peneliti di Boston University School of Medicine melakukan penelitian terhadap 70 orang dengan penyumbatan saluran arteri koroner setidaknya 70 persen. Setelah minum teh hitam selama empat minggu, fungsi pembuluh darah meningkat hampir 50 persen.

Dapat disimpulkan bahwa minum teh dapat mencegah atau membalikkan fungsi saluran arteri dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Mereka menyimpulkan bahwa ini karena peran flavonoid, senyawa tanaman yang mengandung antioksidan sehingga mencegah pembentukan plak di dinding arteri.

3. Dapat mencegah kanker 

Minum teh juga bisa menjauhkan kanker. Para peneliti di Universitas Rutgers mengidentifikasi senyawa dalam teh hitam yang dikenal sebagai theaflavin-3′-monogallate, atau TF-2, yang menyebabkan sel-sel kanker kolorektal untuk menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel-sel kanker kolorektal untuk menghancurkan diri mereka sendiri tanpa merusak sel-sel normal. Selain itu, mereka menemukan bahwa TF-2 menekan Cox 2, gen yang sering dikaitkan dengan kanker usus besar.

 4. Dapat meningkatkan memori fokus dan konsenstrasi 

Penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan L-Theanine, asam amino alami yang ditemukan dalam teh mampu meningkatkan daya ingat, fokus dan konsentrasi.

Dengan mengkonsumsi teh secara rutin di pagi hari maka aktivitas dapat berjalan lancar tanpa kendala.

5. Dapat menurunkan kolesterol 

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada orang dewasa. Penelitian ini dilakukan pada 15 orang selama tiga minggu.

Hasilnya mencengangkan. Lima gelas teh hitam dalam sehari mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 6,5 persen. Jadi tak perlu obat-obatan kimia, cukup minum saja teh setiap pagi.

Syukurlah saya tak pernah putus setiap pagi mengkonsumsi segelas teh hangat dan biasanya ditemani dengan makanan kecil seperti roti sebagai sarapan pagi.

Mudah mudahan saya dapat memperoleh lima manfaat positif dari rutinitas saya menikmati segelas teh hangat setiap pagi hari.

Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 9 Agustus 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan