oleh

Dirgahayu Universitas Gunadarma

Selamat pagi sobat,

Hari ini Minggu, tanggal 7 Agustus 2022 merupakan tanggal bersejarah bagi Universitas Gunadarma. Kampus di mana saya mengajar sejak tahun 1984.

Sejarah panjang Universitas Gunadarma berawal dari 41 tahun yang lalu atau tepatnya 7 Agustus 1981 berdiri institusi pendidikan yang kelak bernama Universitas Gunadarma. Institusi pendidikan tersebut bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang kemudian bernama  Akademi Sains dan Komputer Indonesia atau disingkat ASKI.

Kemudian pada tanggal 10 Juli 1984 melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan dan ASKI berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). 

Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) berkembang cukup pesat dan pada tanggal 5 Oktober 1985, melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma).

Kemajuan dari STMIK Gunadarma ini menjadikan status yang tadi nya berstatus Terdaftar menjadi Diakui pada tanggal 4 Januari 1988  dan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/O/1989 status dinaikan lagi menjadi Status Disamakan.

Pengembangan Program Pendidikan terus berjalan pada tanggal 13 Januari 1990, Yayasan Pendidikan Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). 

Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat Fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Kemudian Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002. Kini Universitas Gunadarma juga telah memiliki Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Tak terasa, sudah 38 tahun saya mengajar di Universitas Gunadarma. Saya ingat, pertama kali saya mengajar adalah di tahun 1984, tepatnya tanggal 22 Agustus 1984 yang saat itu masih bernama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG).

Beberapa hari sebelum mendapat surat tugas mengajar, saya dipanggil oleh pak Suryadi Hs yang merupakan salah satu pendiri Universitas Gunadarma dan beliau adalah suami dari Rektor Universitas Gunadarma saat ini, ibu Prof. DR. ES. Margianti, SE, MM.

Pak Sur, demikian saya menyapa Prof. Suryadi Hs adalah senior saya di Matematika FMIPA UI. Beliau adalah angkatan 1973 sedangkan saya adalah angkatan 1980. Beliau juga pernah menjadi Dosen saya di Jurusan Matematika FMIPA UI di tahun 1981, 1982 dan 1983.

Pak Sur yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Gunadarma, meminta saya untuk membantu beliau mengajar di STKG dan memberikan beberapa buku pegangan untuk materi kuliah yang saya ajar saat itu yaitu Pemrograman Pascal.

Saya diminta oleh pak Sur untuk mengajar 2 kelas.

Itulah awal saya mengajar di Universitas Gunadarma dan selama 38 tahun tanpa jeda, setiap semesternya saya selalu mendapat tugas mengajar termasuk ketika saya terpilih sebagai Anggota DPR/MPR RI, saya masih tetap diberikan tugas mengajar oleh pak Sur di hari Jum’at siang dan hari Sabtu.

Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan pak Sur selaku salah satu pemilik Universitas Gunadarma kepada saya untuk tetap diberikan tugas mengajar di Universitas Gunadarma sejak tahun 1984 hingga tahun 2022 ini.

Semoga Universitas Gunadarma tetap menjadi perguruan tinggi swasta yang terkemuka di Indonesia ..

Aamiin Ya Robbal Alamin ..

Dirgahayu Universitas Gunadarma ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 7 Agustus 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan