oleh

Foto Kenangan

-Foto, Mahasiswa, Pantun, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 168 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Foto Kenangan.

Semalam (Senin, 06/09/2021), seperti biasa saya menonton sinetron ikatan cinta. Sehari sebelumnya, saya tak sempat menonton karena menyaksikan pertandingan sepakbola antara PSS Sleman melawan Persija Jakarta.

Di saat sinetron ikatan cinta masuk selingan iklan yang sangat menjemukan, saya sempatkan membuka akun media sosial saya, Facebook. Saya membuka bagian Memories dan membaca satu persatu status saya di tanggal yang sama namun tahunnya berbeda. Sampai di tanggal 6 September 2014, saya melihat status saya yang mengupload sebuah foto lawas saya di tahun 1984.

Saya memberikan keterangan di atas foto lawas tersebut dengan kalimat sebagai berikut :

“Menemukan foto jadul, Oktober 1984 .. Saya maju menjadi calon Ketua Senat FMIPA UI head to head dengan rekan dari Jurusan Kimia Budi (paling kanan) .. Tengah debat calon, didampingi Ketua Timses saya Bambang Intojo (kiri) dan Fauzi Kasim (kedua dari anan) sebagai Ketua BPM FMIPA UI .. Kita bertiga bersama Budi sama sama menjadi Anggota BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) FMIPA UI .. PUDEK III saat itu bpk Hadidjojo Nitimihardjo ..”.

Inilah foto lawasnya :

Foto lawas ini menjadi foto kenangan yang begitu berkesan bagi saya meskipun di pemilihan Ketua Senat Mahasiswa secara langsung ketika itu, saya kalah suara dari pesaing saya.

Sebagai mahasiswa saat itu, saya tengah membuat tugas akhir atau skripsi dan tidak lagi mengikuti perkuliahan karena semua mata kuliah sudah saya selesaikan. Disamping itu, saya juga diminta oleh senior saya di Jurusan Matematik yang juga dosen saya, bapak Suryadi Harmanto untuk menganjar sebagai asisten dosen di Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (Sekarang Universitas Gunadarma).

Saya ingat, saat itu saya juga baru saja mengikuti Penataran P-4 tingkat nasional Pola 120 jam atau pola calon penatar dan Latihan Kepemimpinan tingkat nasional bagi Pemuda di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur selama satu bulan penuh. Dan dua tahun berselang, oleh BP-7 Pusat saya diangkat sebagai Penatar BP-7.

Berorganisasi di saat masih menjadi mahasiswa ternyata sangat membantu saya ketika saya mulai terjun di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di akhir tahun 1985. OKP yang pertama kali saya ikuti adalah FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri ABRI) tingkat Provinsi DKI Jakarta. Pada Musyawarah Daerah (MUSDA) FKPPI DKI Jakarta di akhir bulan Desember 1985, saya terpilih menjadi Ketua Biro Organisasi dan Pembinaan Teritorial. Sementara yang terpilih sebagai Ketua FKPPI DKI Jakarta adalah Ruhut Poltak Hot Parulian Sitompul, SH yang sekarang dikenal sebagai politisi kondang dan petugas partai dari PDI Perjuangan.

Foto kenangan tersebut di atas sejatinya merupakan bukti yang tak terbantahkan bahwa saya pernah menjadi seorang calon Ketua Senat Mahasiswa yang dipilih secara langsung oleh seluruh mahasiswa di Fakultas MIPA UI di tahun 1984.

Alhamdulillah ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Berkeinginan Pergi Ke Pulau Sumbawa

Banyak Hal Yang Perlu Dipersiapkan

Menemukan Foto Saat Masih Menjadi Mahasiswa

Merupakan Kenangan Indah Yang Tak Terlupakan

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 7 September 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed