oleh

Ketika Menemukan Artikel Saya Di Media Online Siapgerak.com

-Berita, Literasi, Pantun, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 73 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Ketika Menemukan Artikel Saya Di Media Online Siapgerak.com

Pagi tadi sambil menikmati segelas teh hangat dan cemilan brem Bali, saya membuka mbah google dengan menuliskan nama lengkap saya, Nurwendo Haricahyadi lantas saya menekan tombol cari.

Mbah google lantas membuka halaman baru, di baris urutan teratas tertulis nama Nurwendo Haricahyadi di Gunadarma University Official Side. Kemudian baris berikutnya adalah Halaman Artikel Kompasiana.com. Baris baris selanjutnya, nama Nurwendo Haricahyadi berturut turut terdapat di akun media sosial Facebook, Linkedln.com dan Pinterest.com.

Baris selanjutnya, nama Nurwendo Haricahyadi terdapat di media online viva.co.id dalam sebuah artikel yang ditulis oleh sahabat saya, wartawan senior Bang Nur Terbit, dengan judul
“Luar Biasa, Menulis 9 Buku Hanya Dalam Waktu 5 Bulan”.

Kemudian di bawahnya terdapat artikel yang saya tulis di website YPTD : terbitkanbukugratis.id dengan judul “Akhirnya Saya Menjadi Seorang Kompasianer”.

Lantas di baris berikutnya, nama Nurwendo Haricahyadi terdapat dalam toko buku online KaryaVirtual.com dan Google Play Book.

Kemudian, nama Nurwendo Haricahyadi terdapat dalam media online Siapgerak.com dengan artikel yang berjudul “Pirus Aceh Nan Indah”.

Di baris ini, saya merasa heran karena di media online Siapgerak.com ini saya tidak pernah mempublikasikan artikel tersebut dan artikel yang ada di media online Siapgerak.com ini diambil dari artikel saya yang terpublikasi di Kompasiana.com dan menjadi artikel pilihan dari Editor Kompasiana.com.

Namun demikian di akhir artikel saya yang dipublikasi di Siapgerak.com ini mencantumkan : Penulis : Nurwendo Haricahyadi.

Saya menemukan artikel saya di media online Siapgerak.com ini bukan kali pertama. Sebelumnya juga ada artikel saya yang dipublikasi di media online Siapgerak.com dan artikel ini juga diambil dari artikel yang telah dipublikasi di Kompasiana.com dan juga menjadi artikel pilihan dari Editor Kompasiana.com.

Artikel yang ditampilkan di media online Siapgerak.com tersebut  tanpa ada ijin dari saya dan hanya memungut artikel saya tersebut dari Kompasiana.com. Menurut saya hal ini merupakan perilaku jurnalistik yang kurang elok meskipun nama saya tetap dicantumkan sebagai Penulis. Alangkah baiknya bila pengelola dari media online Siapgerak.com meminta ijin terlebih dahulu dari penulisnya sebelum mempublikasikannya.

Namun demikian, saya ambil dari sisi positifnya saja bahwa orang yang membaca artikel saya di Siapgerak.com ini akan mengenali saya sebagai seorang penulis dan secara tidak langsung mempromosikan saya sebagai seorang penulis di ruang publik online. Ya itung itung membangun personal branding tanpa beaya alias gratis .. hehehe ..

Mbah Google nampaknya akan selalu menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan nama Nurwendo Haricahyadi di data basenya. Daya jadi ingat sebuah pepatah kuno :

“Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama.”

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun :

Janganlah Terpedaya Barang Bajakan

Lebih Baik Periksa Dulu Keaslianya

Jangan Asal Comot Dan Publikasikan

Yang Elok Mintalah Ijin Dari Penulisnya

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 15 Oktober 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed