oleh

Kicimpring Nan Renyah ..

Selamat pagi sobat,

Bersebab menonton sinetron Preman Pensiun di Stasiun TV RCTI, timbul keinginan saya untuk membeli Kicimpring, cemilan khas dari Bandung yang rasanya renyah dan tentu saja enak untuk dinikmati dengan secangkir teh hangat, hehehe ..

Bila sobat suka nonton sinetron Preman Pensiun seperti saya maka sobat tentu tau tokoh sentralnya, Muslihat alias kang Mus yang setelah pensiun sebagai Bos Preman dari “bisnis” parkiran, pasar dan terminal, membuat bisnis berjualan Kicimpring dengan nama trade marknya “Kicimpring Family”.

Kicimpring merupakan kudapan ringan alias cemilan dengan bentuk pipih tipis dan bertekstur renyah seperti keripik. Kudapan yang berasal dari kota Bandung ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu sederhana sebagai penambah rasa nikmatnya.

Kicimpring kerap disantap sebagai cemilan saat sedang santai atau nonton TV.

Selain sebagai cemilan, kicimpring juga dapat dinikmati seperti kerupuk saat makan bakso, mie ayam ataupun nasi goreng.

Kicimpring juga kerap dicari orang saat berwisata ke ke Bandung sebagai oleh oleh.

Keinginan saya untuk bisa menikmati kicimpring akhirnya terkabul pada hari Sabtu (05/11/2022). Saat itu, kami sekeluarga hendak merayakan Hari Ulang Tahun istri tercinta sambil makan siang di Sate Senayan cabang kota Depok di jalan Margonda Raya.

Sebelum masuk ke Sate Senayan, istri saya ngajak saya mampir ke toko roti Monami yang letaknya persis di sebelah Sate Senayan untuk membeli makanan ringan khas Jawa Tengah, Getuk. Sayangnya, makanan yang dicari ternyata sudah habis, jadilah kami membeli beberapa potong roti. Sebelum membayar, istri saya sempat melihat lihat makanan kering yang berada dalam plastik, salah satunya adalah kicimpring. Saya langsung meminta istri untuk membeli kicimpring dalam plastik yang terlihat cukup besar.

Jadilah saya dapat menikmati kicimpring sekembalinya ke rumah setelah makan siang di Sate Senayan. Alhamdulillah ..

Konon menurut yang saya tau, membuat kicimpring bisa dibilang relatif mudah, namun prosesnya ternyata membutuhkan waktu yang cukup panjang, serupa membuat keripik atau kerupuk. Hal ini dikarenakan, proses mengeringkan kecimpring yang masih mentah di bawah sinar matahari.

Seperti yang ditulis pada tribunjogja.com (17/05/2021) dan cookpad.com (26/10/2015) yang kedua situs tersebut mengulas bagaimana cara membuat kicimpring. Berikut ini caranya :

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kicimpring yaitu :

1. Singkong sesuai kebutuhan, bisa mulai dengan menyiapkan 1 kilogram saja dulu.

2. Garam secukupnya.

3. Gula pasir secukupnya.

4. Ketumbar secukupnya.

5. Bubuk penyedap rasa secukupnya.

6. Daun bawang atau seledri atau kucai sesuai selera.

7. Minyak goreng secukupnya.

8. Bawang putih dan merah sejumlah 4 siung.

9. Cabai sesuai selera.

Selanjutnya proses pembuatan kicimpring dengan beberapa langkah sebagai berikut :

Langkah 1

Kupas singkong kemudian parut.

Langkah 2

Haluskan semua bumbu yang dibutuhkan, campurkan kedalam singkong yg telah diparut, beri sedikit garam, gula dan penyedap.

Langkah 3

Sementara itu didihkan air dalam panci atau menggunakan kukusan.

Langkah 4

Ambil sedikit adonan lalu pipihkan menggunakan garpu, sampai tipis di tutup panci atau tutup kukusan dengan ukuran tergantung selera (diameter kicimpring sekitar 5 cm). Cetak sebanyak mungkin ditutup panci tersebut.

Langkah 5

Kemudiaan tutup panci tutupkan ke panci atau kukusan yang telah mendidih airnya, selama kurang lebih 2-3 menit adonan matang kemudian pindahkan pipihan adonan singkong tadi ke nampan yang lebar. Ulangi langkah tersebut sampai adonan singkong habis, kemudian jemur di sinar matahari sampai benar benar kering.

Langkah 6

Setelah benar benar kering karena dijemur di sinar matahari lalu goreng dengan api kecil sampai sedikit mengembang, sangat cepat menggorengnya jangan terlalu lama di dalam penggorengan agar tidak menjadi gosong. Selanjutnya tiriskan.

Kicimpring pun siapp disantap.

Bila sobat penasaran ingin mencoba untuk membuat kicimpring, ikuti saja petunjuk di atas. Namun bila malas, kicimpring bisa dibeli di toko kue atau dapat membelinya secara online.

Ayo nikmati kicimpring nan renyah ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 12 November 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan