oleh

Percayalah Padaku, Kamu Nggak Sendirian ..

-Humaniora, Peristiwa, Sosbud, Terbaru, YPTD-Telah Dibaca : 55 Orang

Selamat pagi sobat,

Di luar sana, hujan masih saja turun membahasahi bumi. Dalam cuaca yang cukup dingin, saya sempatkan menulis tentang arti persahabatan.

Hampir setiap orang tentu mempunyai seorang sahabat. Adapun sahabat dalam hal ini dapat berarti seorang kawan yang sangat dekat. Kedekatan ini membawa hubungan orang yang bersahabat bisa lebih spesial dibandingkan dengan kawan lainnya. Dua orang yang bersahabat bisa saling berbagi banyak hal dalam masalah kehidupan yang dihadapi.

Oleh karena itu tidak mengherankan bila seorang sahabat mempunyai nilai penting dalam kehidupan setiap orang. Bahkan dengan adanya sahabat, kerap kehidupan sehari-hari seseorang bisa menjadi lebih menyenangkan untuk dilewati.

Ketika seseorang memiliki masalah besar maka orang itu tidak akan merasa sendiri karena adanya sahabat yang selalu hadir  untuk memberikan dukungan moral secara penuh.

Bukan hanya selalu hadir, namun seorang sahabat memiliki beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang itu memiliki sahabat yang baik. Tanda-tanda tersebut dapat dilihat dari sikap empati, bagaimana ketika menghadapi pertikaian hingga perasaan yang dirasakan saat seseorang bersama sahabatnya. Beberapa hal dapat menjadi indikator untuk bisa menilai apakah seorang kawan adalah sahabat yang baik.

Dengan demikian, penting bagi seseorang untuk mengetahui lebih jauh apa arti sahabat yang sebenarnya, bagaimana karakteristik seorang sahabat yang baik, dan tanda-tanda apa yang perlu diperhatikan ketika seseorang menjalani sebuah persahabatan

Mengenal lebih dalam arti dari sahabat seperti yang telah disebutkan di atas yaitu seorang kawan dekat di mana seseorang bisa saling berbagi dalam suka dan duka. Kedekatan dalam sebuah persahabatan lebih dalam dibandingkan kedekatan dengan kawan biasa.

Selain berbagi suka dan duka, dengan sahabat biasanya seseorang mempunyai kesamaan dalam memandang nilai-nilai kehidupan. Hal inilah yang membuat seseorang dengan sahabatnya memiliki kesesuaian yang begitu dekat.

Bila dipandang dari segi komunikasi, seseorang bisa jadi hanya berbicara seperlunya dengan kawan biasa. Namun bila dengan sahabat, seseorang itu akan berkomunikasi lebih intens dan sering mengobrol mulai dari hal-hal yang sepele hingga hal hal yang penting dan bahkan yang bersifat privacy. Dengan sahabat, biasanya seseorang akan merasa lebih nyaman dan aman dalam berbagi hal apa saja dibandingkan dengan kawan biasa.

Lebih dari pada itu, seorang sahabat dapat menjadi salah satu sumber motivasi atau penyemangat yang bisa mendorong seseorang untuk bisa keluar dari kesulitan. Sahabat yang demikian itu dapat dikatakan sebagai sahabat sejati yang selalu akan memberikan motivasi penuh bila seseorang mendapat masalah yang serius. Sahabat sejati selalu hadir dalam situasi senang maupun dalam situasi sulit. Dengan begitu, seseorang tidak akan merasa sendiri dalam menghadapi lika-liku kehidupan yang penuh dengan berbagai problema.

Seorang sahabat sejati biasanya memiliki beberapa karakteristik yaitu selalu ada atau hadir dalam suka maupun duka dan dalam situasi senang maupun sulit, mau menjadi pendengar yang baik, mampu menjadi penyemangat,  mampu memberikan rasa aman dan nyaman, selalu memiliki sikap empati dan selalu mau memaafkan bila terjadi perselisihan.

Kaitan dengan sosok sahabat ini, saya teringat sepenggal lirik sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Tipe-X seperti berikut ini :

***

Percayalah padaku meski di gelap malamKamu nggak sendirianDan semua bintang yang ku tinggalkanTemani kau sampai akhir malam ..

***

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 17 November 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan