oleh

Ketika Burung Kaki Bayam Ikut Merawat Lapangan Rumput Standar FIFA

-Berita, Olahraga, Terbaru-Telah Dibaca : 754 Orang

NGETEH MORNING di pagi hari ini mengangkat topik tentang keunikan di Lapangan latihan Persija Jakarta yang dua hari yang lalu telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara virtual.

Lapangan latihan Persija Jakarta ini terletak bersebelahan dengan Stadion JIS (Jakarta International Stadium) yang tengah dibangun.

Menurut Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto bahwa dua lapangan latih di JIS menggunakan rumput hybrid yang berstandar FIFA.

Penggunaan rumput hybrid tersebut dilakukan untuk menerapkan konsep pembangunan yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu dalam perawatan rumput hybrid tersebut, Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mengatakan bakal mengoptimalkan peran alam melalui burung Kaki Bayam.

Seperti dirilis oleh instagram.com/indotimnas (29/12/2020) bahwa Dwi Wahyu Daryoto mengatakan : “Untuk lapangan latih ini rumputnya sudah hybrid yaitu kolaborasi rumput alami dengan rumput sintetis dan pemeliharaannya pun sudah mengacu pada green building”.

Lebih lanjut Dwi Wahyu Daryoto menyebutkan : “Pemeliharaan tidak menggunakan peptisida sehingga kita mengoptilmalkan peran alam. Jadi kita menggunakan peran burung Kaki Bayam yang akan membasmi hama dan ulat ulat atau serangga yang ada di rumput”.

Cara perawatan rumput seperti yang dilakukan PT Jakpro memang unik karena cukup banyak burung Kaki Bayam berkeliaraan di lapangan latih JIS.

Dan memang burung Kaki Bayam tersebut dilepas pada pagi dan malam hari sekitar empat jam untuk membasmi hama, ulat atau serangga yang ada di hamparan rumput hybrid.

“Burung burung ini kami pelihara. Ada kandangnya, ada pawangnya yang jagain. Kami pelihara, ada sekitar 10 ekor” ujar Dwi Wahyu Daryoto.

Burung Kaki Bayam berasal dari spesies Himantopus dan memiliki ciri khas bulu di bagian badan berwarna putih sementara untuk bagian sayap berwarna hitam. Burung itu pun diketahui memiliki kaki yang panjang yaitu sepanjang 37 sentimeter.

Mudah mudahan dengan perawatan yang alami ini maka rumput lapangan latih tersebut akan tumbuh subur dan nantinya nyaman untuk digunakan sebagai tempat bermain sepakbola.

Saya sudahi dulu tulusan saya ini dan silahkan melanjutkan aktivitas namun jangan sampai lupa nikmati kehangatan teh di cangkir anda ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 30 Desember 2020

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed