oleh

N-219 Siap Uji Terbang

-Teknologi-Telah Dibaca : 478 Orang

Di rubrik NGETEH MORNING pagi ini, saya mengambil topik N-219 Siap uji terbang.

Pembuatan pesawat terbang N-219 Nurtanio, sudah mencapai tahap pengembangan dan sertifikasi.

Pesawat terbang N-219 Nurtanio tersebut merupakan karya anak bangsa hasil kerja sama PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan segera melaksanakan tahap uji terbang.

Seperti dirilis oleh bisnis.com (13/12/2020) bahwa Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengpresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembuatan pesawat terbang N-219 Nurtanio tersebut.

“Terima kasih terhadap kerja sama dan kerja keras antara LAPAN dan PTDI yang telah mengembangkan dan memastikan pesawat ini selesai dan siap uji,” kata Bambang Brodjonegoro.

Dalam proses pembuatan sebuah pesawat terbang komersial maka proses sertifikasi merupakan proses penting untuk menjamin keamanan dan keselamatan karena akan digunakan oleh pengguna dan masyarakat umum.

Selanjutnya PT DI menggunakan dua purwarupa pesawat terbang N-219 Nurtanio untuk mempercepat proses sertifikasi uji terbang, dimana dua pesawat terbang N-219 Nurtanio ini memiliki misinya masing-masing.

Masih seperti yang dirilis oleh bisnis.com (12/12/2020) bahwa purwarupa pesawat terbang pertama N-219 Nurtanio menjalani serangkaian pengujian yakni menyelesaikan pengujian aircraft performance, karakteristik kestabilan dan pengendalian dan uji terbang struktur pesawat.

Kemudian purwarupa pesawat terbang kedua N-219 Nurtanio digunakan untuk pengujian sub sistem pesawat, seperti avionic system, electrical system, flight control dan propulsion.

PT DI untuk pertama kalinya sebagai full integrator dari pesawat terbang N-219 Nurtanio karena dari tahap desain hingga manufacture dan sudah melibatkan berbagai macam industri yang terkait dengan komponen pesawat terbang N-219 Nurtanio tersebut.

Sebagai bagian dari masyarakat umum, tentu saja saya turut bangga atas kerja keras dari PT DI dan LAPAN guna dapat mewujudkan kebangkitan industri Dirgantara di Indonesia dengan adanya pembuatan pesawat terbang N-219 Nurtanio ini.

Semoga uji terbang dari pesawat terbang N-219 Nurtanio dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Saatnya saya sudahi tulisan ini dan kembali menikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Salam sehat ..

NH

Depok, 19 Desember 2020

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed