oleh

Pohon Soka, Pohon Kenangan

-Flora Fauna, Humaniora, Peristiwa, Terbaru-Telah Dibaca : 103 Orang

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang Pohon Soka, Pohon Kenangan.

Kemarin (Rabu, 01/12/2021) pagi, saya menyempatkan untuk merapikan tanaman yang tumbuh di halaman depan rumah. Banyak tanaman liar yang tumbuh subur diantara tanaman yang saya tanam. Untuk itulah, tanaman tanaman liar tersebut saya cabut semua sehingga tanaman yang saya tanam dapat tumbuh lebih subur.

Di halaman depan rumah, saya hanya menanam dua jenis tanaman yaitu pohon Puring dan pohon Soka. Sedangkan yang saya tanam di pot adalah pohon Melati dan pohon Srikaya.

Keempat pohon ini saya ambil dari pohon induk di rumah orang tua di Cijantung 2. Pohon Puring, pohon Melati dan pohon Soka, saya tanam dengan cara stek (memotong dahannya lalu ditanam). Sedangkan untuk pohon Srikaya, saya tanam dari biji.

Pohon Soka yang saya tanam ada empat jenis yaitu pohon Soka kembang kuning, pohon Soka kembang merah kecil, pohon Soka kembang Orange dan pohon Soka kembang merah besar.

Ada cerita kenangan dari pohon Soka ini. Induk pohon Soka yang tumbuh di halaman depan rumah orang tua di Cijantung 2, awalnya juga saya tanam dengan cara stek. Batang yang saya tanam, saya cari lalu saya ambil dari pohon Soka yang saya jumpai di halaman rumah orang.

Jenisnya juga sama seperti yang ada di halaman depan rumah, hanya ada satu yang berbeda yaitu pohon Soka kembang putih. Pohon Soka ini, saya ingat hanya sekali saja berbunga dan setelah itu tak mau berbunga lagi. Entah kenapa ..

Induk pohon Soka ini mulai saya tanam sejak tahun 1984 dan hingga tahun 2017, pohon pohon Soka tersebut masih tumbuh dengan subur.

Bila melihat pohon Soka di halaman depan rumah berbunga maka selalu saya abadikan dengan kamera HP saya.

Pohon pohon Soka ini selalu membawa kenangan indah saat saya menanamnya pertama kali di halaman depan rumah orang tua di Cijantung 2.

Kenangan indah yang tak pernah bisa saya lupakan ..

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah pantun : 

Si Badu Senang Piara Ikan Arwana

Yang Warnanya Kekuning Kuningan

Pohon Soka Yang Beraneka Warna

Pohon Yang Selalu Membawa Kenangan

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 2 Desember 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed