BUMI DAN LANGIT

 

BUMI DAN LANGIT

Oleh Oki Siwi

Bumi hijau penuh dengan kehidupan dan langit putih kelabu yang penuh misteri. Bumi dipijak tempat menanam dan menumbuhkan benih. Benih adalah harapan akan hadirnya kehidupan baru. Generasi baru penerus estafet kehidupan. Menjaga dan merawat bumi untuk kelangsungan penerus masa depan. Memberikan tempat pijakan yang baik dan stabil untuk mereka tunas-tunas muda. Hadirnya kesegaran baru dari pucuk-pucuk daun yang kaya akan udara yang sejuk. Menanti teriknya matahari siang hari saat proses mengolah bahan tak hidup berubah menjadi sumber energi dan udara.

Napas yang ada karena jasa bumi hijau dan kuning panasnya matahari. Merasakan nikmatnya udara yang bersih dan hangatnya mentari sebagai karunia ilahi. Teduh, segar dan adem melihat suburnya tumbuhan yang menyelimuti bumi. Jiwa dan raga seperti terisi ulang dengan energi alam yang tenang namun penuh kekuatan. Mata seakan dimanjakan dengan keindahan yang penuh manfaat kehidupan. Sesekali suara merdu burung-burung berkicau terdengar dari sela-sela rimbunnya dedaunan.

Pegunungan yang tinggi menjulang dengan kabut tipis adalah tempat yang tepat untuk menyembuhkan diri. Dingin yang terasa ditubuh seperti penenang akan gundah dan gulana. Membekukan hati yang tadinya penuh emosi jiwa. Sejenak melupakan masalah hidup dengan indahnya pemandangan. Semoga bumi ini memberikan obat bagi semua luka dan derita yang pernah ada. Kebaikan bumi adalah titipan dari Allah yang harus kita jaga kelestariannya.

Langit tinggi jauh di atas sana. Jarak dengan bumi yang tercipta demi kebaikan, melindungi dari panasnya cahaya matahari. Langit luas membentang seperti payung dan selimut bumi. Berjarak namun selalu terhubung. Memberikan isyarat berupa perubahan warna selalu dilakukan langit kepada bumi. Gelap dan kelabu penanda akan turun hujan. Biru dan putih cerah sebagai tanda cuaca yang cerah.

Berlapis langit punya makna dan fungsi yang istimewa. Indahnya gumpalan-gumpalan awan dilangit bagai hiasan lukisan alam yang indah. Awan bergerak perlahan seakan menggambarkan kehidupan yang terus berjalan bagaimanapun kita menjalaninya. Gerak dan perubahan warna di langit sangat dinamis. Langit yang misterus terasa begitu sepi namun terus bergerak dalam diam setiap saat sesuai kondisi yang dialaminya. Langit selalu jujur pada apa yang dirasakanya. Sesekali saja dia menyembunyikan matahari dalam gelapnya.

Langit dan bumi memang berbeda. Kekontrasan hadir dari keduanya. Perbedaan yang saling melengkapi. Menjadi gambaran yang indah dan sempurna. Tidak untuk saling berlomba siapa yang berkuasa. Keduanya merangkul satu sama lain saling menjaga dan terjaga. Hijau dan putih salah warna yang bisa hadir dari keduanya, terlihat sendu dan segar. Langit dan bumi hadir hanya untuk bersanding dengan harmoni dalam perbedaan yang saling melengkapi. Menjalankan tugasnya masing-masing memberikan rahmat kepada semua mahluk ciptaan Tuhan.

Jakarta, 18 Februari 2022

Hari ke 25

30HariMenulis

Tinggalkan Balasan