oleh

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari kedelapanbelas

-Edukasi-Telah Dibaca : 251 Orang

Survei ke Tempat Wisata

Oleh: Pono, S.Pd.SD

Agar kegiatan yang dilakukan berjalan lancar memerlukan peeencanaan dan persiapan yang matang. Terlebih kegiatan yang dilakukan melibatkan banyak siswa. Memerlukan kehati-hatian. Tidak ada kegiatan yang bebas resiko walaupun kecil. Guru hendaknya berupaya meminimalkan resiko sampai ke sekecil-kecilnya. Untuk itu guru perlu melakukan berbagai perhitungan sebelum pelaksanaan.

Destinasi

Yang menjadi pertimbangan pertama berkenaan rencana melakukan kegiatan observasi ke Dieng adalah memilih destinasi wisata yang akan dituju. Ini menjadi penting mengingat di kawasan Dieng terdapat banyak sekali destinasi wisata baik yang ada secara alamiah maupun yang merupakan karya manusia. Sebagian merupakan bagian dari wilayah kabupaten Banjarnegara, sebagian yang lain termasuk dalam wilayah administrasi kabupaten Wonosobo.

Berikut akan saya sampaikan nama-nama dari beberapa objek wisata yang ada di Dieng.  Beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Dieng antara lain;

Komplek Candi Arjuna

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Kawah Sikidang

Kawah Sileri

Pemandian D-Qiano

Kawah Candradimuka

Telaga Merdada

Telaga Dringo

Sumur Jalatunda

Gunung Prau

Puncak Sikunir

Museum Kailasa.

Mengingat kegiatan yang akan dilakukan terkait dengan sejarah maka memutuskan Komplek Candi Arjuna sebagai destinasi utama. Kemudian setelah selesai mengunjungi Komplek Candi Arjuna menuju ke kawah Sikidang dengan alasan jarak keduanya berdekatan, disamping tiketnya yang memang menjadi satu.

Peserta dan anggaran

Setelah menentukan tempat tujuan, yang dipikirkan berikutnya adalah siswa. Kelas berapa saja  peserta kali ini. Pertimbangan  kelas dianggap penting karena siswa yang relatif masih kecil lebih beresiko mengingat kawasan Dieng merupakan tempat bersuhu dingin. Ia berada pada ketinggian lebih kurang 2000 mdpl , disamping curah hujan yang cukup tinggi.

Setelah menentukan tempat tujuan dan peserta berikutnya menentukan anggaran. Untuk menentukan anggaran mempertimbangkan armada yang akan digunakan, besarnya tiket masuk serta konsumsi.

Agar lebih ekonomis, kita bisa menggunakan armada jenis bak terbuka. Armada jenis ini memang cukup populer di wilayah bagian atas. Selain digunakan untuk angkutan barang juga mengangkut penumpang. Tentunya  setelah melakukan sedikit modifikasi pada bagian bak terbukanya agar relatif lebih aman.

Survei

Destinasi, anggaran serta armada sudah ditentukan. Mengenai waktu yang tepat ada baiknya melihat memperhatikan cuaca serta keamanan di kawasan wisata Dieng. Untuk ini guru perlu melakukan survei ke lokasi, menemui penjaga tempat wisata sebelum pelaksanaan kegiatan untuk memastikan pada saatnya nanti kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Jika sudah melakukan semua persiapan dengan baik. Makapelakaanaan kegiatan pada hari yang ditentukan dapat berjalan dengan lancar.

Baiklah teman-teman, itu saja yang dapat saya sampaikan pada kegiatan tantangan menulis kari ke – 18. Semoga bermanfaat.

Salam,

Banjarnegara, 18 Pebruari 2021 , Dzuhur.

Komentar

Tinggalkan Balasan