oleh

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhenam

-Edukasi, Terbaru-Telah Dibaca : 34 Orang

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form

Oleh : Pono, S.Pd.SD

 

 

Beberapa langkah yang dilakukan mengenai cara membuat soal latihan dengan google form dapat disimak pada keterangan  berikut. Yang ditulis di bawah ini berdasarkan pengalaman penulis, sehingga dimungkinkan ada cara lain atau perbedaan langkah yang dilakukan orang lain yang mempunyai pengalaman berbeda. Untuk itu jika penjelasan berikut ini kurang memuaskan mohon dimaklumi serta dimaafkan. Adapun langkah-langkah yang dimaksud berdasarkan pengalaman penulis adalah sebagai berikut.

Masuk ke akun Gmail

Kita bisa masuk ke akun Gmail melalui browser seperti Google chrome atau yang lainnya. Pada kolom pencarian silakan ketik accounts.google.com / Gmail login. Klik judul berita yang ditawarkan oleh google, hingga sampai halaman untuk masuk ke akun email Google seperti di bawah ini.
Jika tampilan sudah seperti gambar di atas selanjutnya ketikkan alamat email yang kita miliki. Jika sudah klik tombol ‘berikutnya’. Dengan mengklik tombol ‘berikutnya’, sistem akan mengajak kita menuliskan kata sandi atau password untuk masuk ke akun email. Setelah mengetik  kata sandi  selanjutnya login atau sign in. Maksudnya adalah kita masuk ke akun email.
Setelah masuk kita akan dibawa ke akun email. Kemudian apa yang kita lakukan di dalam akun kita? Pada tampilan akun email terdapat kumpulan titik berjumlah 9 yang membentuk segiempat di sudut kanan atas.
Klik kumpulan titik tersebut hingga muncul beberapa logo aplikasi google.

Masuk ke Google Drive

Setelah muncul beberapa logo aplikasi google klik logo aplikasi google drive yang bentuknya mirip segitiga untuk masuk ke menu google Drive.
Setelah masuk ke menu google Drive kita dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini. Perhatikan bagian kiri atas. Pada bagian kiri atas terdapat tanda tambah/plus (+).
Klik tanda tambah di kiri atas tersebut. Google  menawarkan beberapa sajian dari produknya untuk kita manfaatkan. Scroll sedikit ke bawah sampai pada tulisan google formulir. Klik tanda panah di kanan tulisan tersebut. Google menawarkan dua jenis formulir untuk kita gunakan. Pilihlah formulir kosong untuk kita gunakan sebagai lembar soal online.

Menulis Soal

Setelah memilih dengan mengklik formulir kosong kita mendapatkan selembar formulir yang bisa kita tarik ke bawah sampai cukup panjang untuk menulis soal online. Akan tetapi memanjangkannya dengan menulis soal ya, hehehe …
Perhatikan tampilan di bawah ini. Berikut adalah lembar soal yang akan kita gunakan.
Yang pertamakali kita lakukan setelah mendapat formulir adalah menuliskan judul  pada bagian atas lembar soal. Judul kita sesuaikan dengan jenis soal. Sebagai mana pada ulangan tertulis, kita bisa menulis judul Ulangan Harian atau Tes Formatif atau asesmen pra/pasca kegiatan. Tentunya kita sesuaikan dengan kebutuhan.
Di bawah judul kita bisa menuliskan tentang tujuan tes, cara mengerjakan tes, atau ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan oleh peserta tes yaitu siswa.
Setelah judul dan deskripsi selanjutnya menentukan  jenis soal yang akan kita buat dengan memilih beberapa alternatif di samping kanan atas.
Mulailah menulis soal secara berurutan dari nomor satu hingga nomor terakhir.
Gambar di bawah ini menunjukkan contoh soal bentuk pilihan ganda yang dibuat pada google form.

 

Mengirim tautan / link soal

Agar siswa atau pengguna dapat mengakses soal yang sudah kita buat, mereka perlu mendapat tautan atau link soal baik melalui blog maupun melalui media sosial.
Untuk mendapatkan link yang bisa kita bagikan dengan orang lain agar bisa mengakses soal online yang sudah kita buat caranya:
Klik kanan pada file soal yang sudah dibuat. Arahkan kursor ke sebelah kanan kemudian klik dapatkan link.

Setelah link didapat, selanjutnya menyalin link tersebut untuk kita bagikan, baik melalui blog maupun melalui media sosial seperti WA maupun Facebook.

Setelah menyalin, untuk membagikan melalui  media sosial seperti WA maupun Facebook cukup dengan menempelkan pada postingan baru, sedangkan untuk membagikan pada blog masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed