oleh

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhsatu

-Edukasi, Terbaru-Telah Dibaca : 49 Orang

Pendidikan Karakter melalui Persami

Oleh: Pono, S.Pd.SD

 

 

Maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada bangsa itu sendiri. Tuhan tidak merubah nasib suatu bangsa sehingga bangsa  itu merubahnya. Siapa yang berusaha dengan sungguh-sungguh niscaya akan memetik hasilnya. Begitu pula pada lingkup yang lebih luas, masyarakat dan bangsa. Jika bersungguh-sungguh dalam berusaha menjadi lebih baik, InsyaaAlloh karunia Tuhan akan didapatkan. Kalau tidak di dunia maka di akhirat yang selama-lamanya sebagai buah dari usaha hamba-Nya yang ikhlas. Ikhlas menjadi syarat diterima suatu amal.

Bonus demografi

Sudah bukan menjadi rahasia lagi mengenai pendapat para pakar, berdasarkan perhitungan pada 2045 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Ini bermakna pada 2045 akan ada  manusia usia produktif di Indonesia dengan jumlah berlimpah. Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian serius sejak dini mengingat anak-anak hari ini kelak akan menjadi orang dewasa sekaligus akan menerima tongkat estafet dari generasi sebelumnya.

Jika dipersiapkan dengan baik, bonus demografi mendatangkan keuntungan berlimpah bagi bangsa. Namun jika tidak dipersiapkan dengan baik bukan hal yang tidak mungkin justru membawa petaka bagi bangsa ini. Sebagai insan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sepatutnya optimis akan hal itu, disamping itu perasaan pasrah kepada Tuhan atas hasil dari usaha yang telah dilakukan. Namun hal yang tak kalah penting adalah mengenai usaha itu sendiri. Usaha semestinya dilakukan dengan sungguh, serta cermat mengingat akibat dari usaha tersebut amat besar di kemudian hari.

Salah satu  usaha yang dapat dilakukan bagi menyiapkan bangsa dalam menghadapi bonus demografi 2045 adalah melalui pendidikan. Pendidikan dilakukan guna menyiapkan siswa menghadapi berbagai kemungkinan serta situasi di masa mendatang.

Mengingat tantangan di masa depan lebih berat dibanding saat ini, diharapkan siswa lebih cakap, berwawasan luas, terampil, mandiri serta serta mampu menemukan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapinya kelak. Untuk dapat mencapai semua itu tentunya harus memiliki karakter unggul. Sebut saja salah satu karakter yaitu disiplin. Dari disiplin berpengaruh pada pencapaian berbagai karakter yang lain. Begitu pula dengan jiwa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan melahirkan kasih sayang serta rela menolong sesama. Semangat nasionalisme pula membawa kepada mencintai bangsa serta negaranya, serta menolak segala usaha memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Tentunya pada bidang yang ia tekuni.

Pramuka dan persami

Pentingnya karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta bagi individu itu sendiri dalam mengarungi samudra kehidupan menjadikan pendidikan perlu diberikan sejak dini, ketika anak-anak masih kecil. Pada anak usia SD karakter dapat dibangun melalui pendidikan Pramuka.  Pendidikan Pramuka  sendiri dapat dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun perkemahan Sabtu – Minggu yang sering disebut dengan istilah persami. Di SD persami dapat dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru ataupun awal semester. Kegiatan yang dilakukan pada awal semester ini bermanfaat untuk menyiapkan siswa mengikuti pembelajaran pada hari-hari berikutnya dalam semester tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Salam,

Banjarnegara, 21 Pebruari 2021, Maghrib.

 

Blog penulis: www.ono.my.id

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed