Tanaman Jambu air kombinasi

Hobi0 Dilihat

 

Foto pribadi

Di teras rumah terlihat sebuah tanaman jambu air berbeda warna dan ukuran. berbeda jenis dalam satu pot tentu saja menjadi pemandangan unik, menarik dan terlihat cantik apabila didukung dengan perawatan  yang baik.

Bagi sebagian pecinta jambu air yang ngotot ingin memiliki berbagai jenis jambu air sedangkan  dihadapkan pada lahan terbatas, maka inilah solusinya membuat tanaman jambu air dengan berbagai jenis dalam satu pohon,  sehingga menjadi solusi terakhir dalam mencapai impiannya.

Kita bisa membeli tanaman jambu air kombinasi yang sudah jadi, sehingga tidak perlu ribet-ribet melakukan sambung entres.. ssst…! belum tentu jadi sambungannya, tapi kalau memang kita punya keahlian atau rajin, bisa membeli entres dari jenis yang kita inginkan lalu disambung dengan beberapa teknik sambung entres, sambung pucuk, sambung sisip dan sambung lainnya, yang pasti bukan putus nyambung BBB ( Bukan Bintang Biasa ) hehe..

Lanjut ya’.

Pembuatan jambu air kombinasi semua orang menginginkan tumbuh sampai berbuah tapi, apakah tumbuh buahnya bersamaan ataukah sebagian-sebagian, itu yang menjadi masalahnya. Keinginan untuk tumbuh buah bersamaan tentu hal yang diinginkan semua pecinta jambu air dimanapun, bahkan bagi para penggiat perjambuan sekalipun belum tentu paham dengan teknik ini, termasuk saya hm…
Bagaimana membuat tanaman jambu air kombinasi  agar bisa berbuah bersamaan.
Dibawah ini menjadi rekomendasi jenis jambu air yang bisa berbuah bersamaan setidaknya tumbuh bunganya berdekatan. tentu saja bagi orang yang memiliki keahlian khusus dalam membuatnya.

Saya dapat ilmu ini dari para ahlinya dibidang perjambuan,  sudah malang melintang pengalamannya, tentu tidak seperti malang melintang ranting jambu air yang tidak terurus…. hahaha..!

Berikut jenis jambu air yang bisa berbuah bersamaan versi pak Enggariyanto sebagai berikut :

 

lilin merah, Kingrose, Irung Petruk, Barbie sugar, Wulung, TSG.

Pak Budi Sas :

Mdh + bl + jodi + g2 – bs + xx_

Tulisannya asli dari beliau lho.. tidak saya edit, agar terasa sampai ghirohnya / ngehnya pada kita.

Silakan berkreasi, berkarya melestarikan perjambuan nasional, atau kita terapkan teknik kombinasi ini pada mangga dan tidak menutup kemungkinan pada buah-buahan lainnya. Kita tidak tahu kalau semua mungkin dan tidak mungkin, yang kita bisa tahu setelah mencoba-mencoba dan mencoba.

Ayo kita  hijaukan dunia ini, sumbangan kecil tangan kita meninggalkan jejak bagi dunia. Minimal di lingkungan rumah kita masing-masing hijau asri indah berseri. menyumbang kesejukan udara, sehingga menjadi manfaat untuk orang lain.

 

 

Penulis : Purwa Nur Alam

Tinggalkan Balasan

1 komentar