oleh

Citra Blogger, Kamu Ingin Dikenal Sebagai Blogger Apa?

 

Nama Trinity Naked Traveler sebelum dikenal sebagai penulis buku, lebih beken dikenal sebagai blogger travel. Tulisan-tulisan di blognya yang merupakan pengalaman jujurnya selama melakukan perjalanan begitu menarik.

Dulu aku juga sering membaca blogger khusus tentang starseed dan hal-hal tentang kepribadian yang ditulis oleh Bram. Ada lagi tulisan-tulisan sejarah yang banyak ditulis Pak Djulianto.

Oleh karena tulisan mereka yang banyak bertemakan tertentu maka mereka dikenal sebagai blogger yang piawai menulis tema tertentu. Pak Djulianto lekat dengan sejarah, Trinity dengan traveling dan lainnya.

Di Kompasiana ada mba Muthiah Alhasany yang lekat dengan sebutan blogger Turki. Ada Pak Taufik Uieks yang memiliki gelar blogger tentang masjid dan jalan-jalan LN.

Nah kalian sendiri ingin dikenal sebagai blogger apa? Blogger parenting, blogger kuliner, blogger pinter masak, blogger film, atau lainnya?

Cobalah pilih tema yang kalian kuasai dan minati. Misalkan kalian piawai bikin pantun. Nah fokuslah di situ. Kalian bisa tetap menulis bebas, tapi perbanyaklah konten pantun.

Saya sendiri dulu lebih sering menulis wisata dan kuliner. Tapi sejak tahun 2014 saya lebih banyak menulis film dan musik. Tulisan film saya mungkin sudah mencapai angka 1000 tulisan lebih yang tersebar di berbagai blog. Nomor dua adalah tulisan musik.

Mengapa penting untuk fokus di tema tertentu? Karena kalian akan lekat dengan citra tersebut. Andaikata klien ingin mencari blogger film maka kalianlah yang akan dicari dan direkomendasikan. Apabila klien ingin mempromosikan wisata baru maka kalian yang akan diajak mencicipi pengalaman tersebut.

Siapa tahu kalian juga bakal diundang sebagai narasumber.

Maka dari sekarang cobalah tekuni tema mana yang jadi minat dan keahlian kalian, bersabarlah dan raih hasilnya.

Oh iya ini tulisanku ke-39 yang bertemakan tentang ngeblog. Lengkap dari awal hingga akhir. Nantinya akan dibukukan. Kalian jangan lupa pesan ya hehehe. Kurang satu lagi nih

Gambar dari WB

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed