oleh

Upgrade Diri Sebagai Blogger alias Blogger Next Level

 

Ini adalah tulisan akhir dari rangkaian tulisan Semua Tentang Ngeblog. Kalian bisa baca dari awal atau beli bukunya karena versi buku nantinya bakal lebih tertata. Ups sekalian promosilah hahaha.

 

Nah di artikel terakhir ini saya mengingatkan dan mendorong agar kalian tak segera puas dengan posisi kalian sebagai blogger saat ini. Ingatlah ada sekian juta blogger yang seperti kalian atau ada sekian ratus juta blogger di seluruh dunia yang juga punya kemampuan menulis seperti kalian.

Biar kalian lebih maju dan kompetitif maka perlulah untuk mengevaluasi diri dan meng-upgrade diri agar bisa menjadi blogger profesional dan layak menjadi writerpreneur. Teruslah mengasah diri, jangan lekas puas, karena di atas langit ada langit.

Nah berikut daftar yang perlu kalian kuasai dengan baik.

Yang pertama adalah kemampuan menulis dan teknik menulis. Untuk itu kalian harus menguasai Puebi, memperkaya diksi, tidak banyak typo, banyak membaca, dan juga tahu perbedaan antara tulisan ilmiah, tulisan naratif, tulisan fiksi dan lainnya.

Tak semua orang mampu menguasai semua genre menulis. Tak apa-apa dan tak masalah bila kalian tak pandai menulis puisi atau membuat pantun, perkuatlah di sisi yang kalian sukai dan minati. Misalnya kalian ahli menulis dengan data. Maka kuasailah hingga kalian menonjol di jenis tulisan tersebut.

Kemampuan di sini juga termasuk kemampuan SEO. Oleh karena ada saja klien yang ingin artikelnya bisa masuk ke pencairan Google. Teknik SEO di sini bisa berarti memilih kata kunci yang tepat, menyebarkannya di tiap paragraf dan judul, dan sebagainya. Teknik SEO ini bisa dilatih dan dipelajari.

Yang kedua adalah imajinatif. Tulisan yang imajinatif akan lebih menarik dan fresh apalagi jika jenisnya fiksi. Untuk itu latih daya imajinasi kalian dengan banyak membaca, menonton film, dan kegiatan seni lainnya.

Yang ketiga adalah kemampuan softskill dan berkomunikasi. Kalian juga perlu menguasai cara berkomunikasi dengan klien, bagaimana melakukan negosiasi dengan klien andaikata ada poin di kontrak yang tak sesuai. Lalu juga jangan lupa untuk berdisiplin, tepat waktu, dan bersikap profesional.

Jangan mengundurkan diri mendadak, saat sudah mengatakan iya dan sepakat. Ingat sikap profesional ini sangat penting untuk membuat kita sebagai blogger tetap eksis di mata klien dan komunitas.

Kemampuan berikutnya yaitu kemampuan tentang media sosial. Kalian juga sebaiknya punya medsos karena biasanya klien juga ingin paket blog dan paket medsos untuk mempromosikan produknya. Ada juga klien yang hanya ingin menggunakan jasa untuk di instagram dan twitter, sehingga akan lebih berpeluang bila kalian juga punya dan aktif bermedsos.

Kemampuan berikutnya yaitu cobalah melatih kemampuan memotret dan membuat video. Hal ini dikarenakan blogger yang juga piawai memotret atau membuat video akan memiliki nilai lebih dan punya daya tawar lebih baik. Saya sendiri masih tak cakap membuat video, namun juga terus berupaya mencobanya.

Kemampuan berikutnya yang tak kalah penting berkaitan dengan grafis seperti membuat infografis, poster, dan undangan acara. Sekarang ada aplikasi seperti Canva yang memudahkan untuk membuat infografis. Cobalah dan berlatihlah. Blogger yang menguasai kemampuan ini juga akan memiliki daya tawar lebih.

Nah poin berikutnya adalah kemampuan berbicara. Siapa tahu kalian juga diundang sebagai narasumber atau merambah di bidang podcast dan youtube. Cobalah berlatih membaca naskah atau berlatih sebagai narasumber. Berlatihlah siapa tahu kesempatan itu bakal datang.

Nah inilah artikel terakhir saya untuk upgrade diri sebagai blogger. Cobalah praktikan terus latihan ini, siapa tahu kalian akan menjadi salah satu blogger most wanted di negeri ini.

Gambar dari Hulu dan Disney Plus Hotstar

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed