Butir butir pancasila sila ke -3 point ke 4Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.

Hallo, ini saya lagi putri ayu sekar anggraeni saya mendapatkan tugas untuk memaparkan butir butir pancasila ke 3 point ke 4 yaitu “Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.”

Dasar negara kita adalah Pancasila. Sedangkan UUD 1945, merupakan hukum tertinggi yang terdapat di negara kita. Dengan demikian, warga negara yang merasa bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu meyakini dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945dalam kehidupan sehari-hari. Ia benar-benar bangga memiliki Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar dan hukum negara. Karena itulah, ia rela berkorban untuk mempertahankan Pancasila dan UUD 1945.

Sikap bangga sebagai bangsa Indonesia merupakan pengamalan sila Persatuan Indonesia. Sikap bangga adalah sikap besar hati dan percaya diri Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia merupakan sikap yang muncul dan hati sanubari warga negara yang memiliki harga diri.

Warga negara Indonesia yang bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu berusaha menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Melalui penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia dapat terus kita tumbuhkembangkan.

Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dikembangkan dengan membiasakan diri memakai produk dalam negeri. Kita perlu menyadari bahwa sekarang mi bangsa kita sedang memasuki pembangunan nasional yang sangat membutuhkan peran setiap warganya. Hasil-hasil produk dalam negeri kita sudah dapat bersaing di pasaran internasional. Karena itu, kita hendaknya membiasakan din memakai produk dalam negeni, misalnya dengan membeli barang-barang buatan Indonesia, seperti barang barang elektronik, pakaian jadi, makanan, kendaraan, dan produk lainnya.

Nah, seperti apa yang di paparkan diatas menurut saya masih kurang tepat masih banyak masyarakat yang belum sadar betapa indahnya negara kita sendiri masih banyak diantara mereka yang yang belum mengamalkan point tersebut contohnya banyak anak muda sekarang yang masih saja mengikuti kebudayaan barat padahal di negara kita banyak sekali tarian daerah yang bagus loh.

Lalu, ada lagi yang sering mengekspor barang luar negeri seperti tas, sepatu dan produk kecantikan padahal di indonesia pula banyak sekali tas, sepatu yang unik dari berbagai daerah contohnya tas rajutan dari bahan bekas menurut saya tas itu lebih ekonomis dan awet tentunya harganya pun terjangkau.

Mungkin segitu saja yang bisa saya paparkan sebenarnya sih masih banyak lagiĀ  cukup sekian dari saya sampai jumpa lagi

Putri ayu sekar anggraeni

20066

See you..

Tinggalkan Balasan