oleh

KMAA #3: Menulis dan Menulis Kenangan

Menulis adalah sebuah keterampilan dalam mengungkapkan ide dan gagasan. Bisa juga menulis adalah mengungkapkan kembali kenangan yang telah dan pernah dilakukan pada masa silam.

Koleksi Pribadi

Melalui tulisan yang telah diungkapkan kembali. Maka segala kenangan atau peristiwa yang telah lama berlalu, baik kenangan pahit atau manis akan terekam dengan baik. Bahagia atau sedih akan tersimpan dengan rapi. Gagal atau sukses, akan terjaga peristiwanya dengan baik.

Lalu bagaimana cara menuliskan kenangan masa silam tersebut? Apa saja yang harus kita siapkan?

Dalam hal menulis kenangan masa silam, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi. Tulislah sesuai dengan fakta dan data. Usahakan setiap tulisan yang akan ditulis sudah siap data, tempat dan waktunya.

Persiapkan buku atau referensi atau catatan yang berhubungan dengan apa yang akan kita tulis. Menjadi mudah menulis masa silam jika data dan faktanya sudah ada di depan mata kita. Akan tetapi, sekarang di era digital kita dapat berselancar di dunia maya dengan literasi digital. Jika tidak, maka buka kembali lembaran lama tersebut dengan catatan atau bukti lama yang masih ada.

Oleh karena itu, menulislah apa yang pernah terjadi. Menulislah kenangan masa silam kita atau orang lain. Akan tetapi yang lebih mudah adalah menuliskan peristiwa atau kenangan masa silam yang  pernah kita lakukan.

Jangan lewatkan kenangan masa lalu kita hilang berlalu begitu saja tanpa ada kenangan yang monumental melalui tulisan atau buku.

Pelaihari, 24 Agustus 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

4 komentar

News Feed