oleh

KMAA #4 : MEMBANGKITKAN HASRAT MENULIS

Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin menjadi penulis. Walaupun demikian, setiap orang sesungguhnya adalah sudah menjadi penulis. Pasalnya, setiap saat dipastikan menulis dan terus menulis seperti menulis status di media sosial.

Setiap hari orang yang memiliki media sosial dipastikan ada menuliskan statusnya. Baik dalam bentuk gambar, video ataupun bentuk tulisan. Lalu bagaimana membangkitkan hasrat menulis yang sesungguhnya?

Hasrat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, diartikan sebagai “keinginan (harapan) yang kuat“. Contohnya: hasratnya hendak menemui ibunya tiada tertahan lagi (https://lektur.id/arti-hasrat/didownload tgl 24 Agustus 2021). Sedangkan  Hasrat menulis adalah keinginan yang kuat untuk dapat menulis. Tentunya menulis sesautu yang baik dan berkualitas.

Ada beberapa cara untuk membangkitkan hasrat menulis antara lain. Pertama, banyak membaca. Melalui membaca maka akan bangkit segala hasrat untuk menulis. Kita dapat termotivasi dengan baik untuk menulis. Apalagi membaca sesuatu  yang update dan aktual. Kedua, Banyak melihat. Melalui banyak melihat sesuatu baik di televisi maupun melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Ketiga, banyak berselancar di blog-blog kepenulisan. Melalui berselancar dengan blog-blog akan dapat menimbulkan hasrat untuk menulis. Keempat, berkolaborasi dengan komunitas penulis atau belajar menulis.

Pelaihari, 24 Agustus 2021

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed