oleh

KMAA #1: Siapapun Anda, Hendaklah Menulis

-Foto-Telah Dibaca : 166 Orang

Teringat kalimat yang diucapkan oleh seorang filosof dunia sekali sufi Islam yaitu Imam Al-Ghazali, “Jika anda bukan seorang anak raja atau bukan anak ulama besar. Maka hendaklah menulis

Memang profesi sebagai penulis bukan hanya sekadar menuangkan ide atau gagasan dalam setiap hari atau waktu. Akan tetapi lebih dari itu yaitu mengabadikan momen atau peristiwa yang mungkin orang lain tidak mengabadikannya.

Sebagai seorang guru misalnya, banyak peristiwa yang telah kita lakukan atau diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tempat kita mengabdi. Kalau bukan kita yang menuliskannya, siapa lagi.

Boleh jadi hari misalnya di madrasah saya adanya peringatan Hari Ulang Tahun ke-5 MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan tidak ada yang menulisnya dalam bentuk narasi atau reportase, atau bentuk lainnya kecuali tim jurnalis yang menulis hanya untuk kebutuhan publikasi saja bukan diabadikan secara baik. Maka kegiatan tersebut akan hilang begitu saja seiring waktu berjalan.

Melalui tulisan yang kita sajikan dengan baik dan rapi, maka peristiwa bersejarah itu akan terekam dengan baik juga secara digital dan jika sewaktu-waktu diperlukan maka akan dengan mudah didapat.

Oleh karena itu, siapapun dia baik tim jurnalis atau tidak bisa menulis dan menuliskan dengan baik. Setiap orang bisa menjadi seorang penulis yang baik, asalkan terus belajar dan belajar serta menuliskan.

Prof. Ersis Warmansyah Abbas seorang guru besar Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dosen sekalgus penulis buku menyebutkan bahwa sesuatu yang dilakukan jika ditulis itu menjadi tulisan yang yahud.

Kenapa demikian? Menurut Prof. EWA (sebutan Prof. Ersis Warmansyah Abbas) dengan menuliskan apa yang terjadia, maka akan semakin yakin bahwa peristiwa itu akan menjadi bukti sejarah bagi dunia.

Pelaihari, 23 Agustus 2021

Tentang Penulis: Rahmadi Salman

Gambar Gravatar
Rahmadi Salman seorang guru dan orang yang lagi belajar berdisiplin menulis untuk memberikan manfaat dan inspirasi kepada orang lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed