oleh

KMAA #26: Menulis Surat Cinta

Menarik sekali sebuah lomba menulis surat cinta untuk Bapak Bupati Tanah Laut Kalimantan Selatan beberapa bulan yang lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Penulis Tanah Laut (IPTL) dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan ini dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Tanah Laut dengan mengangkat tema, “Dua Tahun Membangun Tanah Laut”.

Menulis surat cinta merupakan sebuah tradisi anak muda zaman dulu di saat belum ada media canggih seperti sekarang ini. Menulis melalui kertas-kertas yang sengaja dibuat sedemikian rupa dan semenarik mungkin, surat ditulis dan dikirim ke seseorang yang dikasihi dan dicintai. Baik kepada orangtuanya, gurunya ataupun kepada kekasih hatinya.

Dalam menulis surat cinta sesungguhnya sangatlah mudah dilakukan. Apalagi menulis surat bagi orang yang lagi kasmaran (sedang jatuh cinta) dipastikan menulis surat cinta dengan bahasa dan kalimat yang romantis dan menulis sangat berhati-hati. Takut isi surat menyakitkan atau menyinggung perasaan orang yang membacanya.

Itulah menurut saya pembelajaran yang sangat menarik sekali, bahwa menulis itu sangat mudah dan mudah. Intinya menulislah dengan hati dan perasaan. Apalagi menuliskan sesuatu perasaan hati. Menuliskan cerita-cerita cinta yang diutarakan kepada seseorang yang dicintai.

Sebagai contoh, saat kita menulis surat untuk orang tua di kampung halaman saat kita sekolah atau lagi mondok di pesantren, maka menuliskan tidak pakai aturan lagi yang terpenting orang tua kita memahami apa yang dimaksud dari isi surat tersebut.

Demikian juga halnya, menulis surat kepada sang kekasih hati. Menulis menjadikan sang penulis berusaha mencari kata dan kalimat-kalimat romantis untuk kekasihnya.

Oleh karena itu, tidak menjadi alasan jika kita tidak bisa menulis. Pengalaman demi pengalaman menulis surat cinta menjadi sebuah latihan kiranya dapat membekas dan memberikan solusi bahwa menulis itu mudah dan mudah.

Bagaimana menurut Anda, mudahkan?

Pelaihari, 15 September 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed