oleh

KMAA #27: Disiplin Menulis di Sela Kesibukan

Setiap orang yang ingin menjadi penulis hebat tentu memerlukan usaha dan disiplin yang kuat menulis setiap hari dan membaca setiap hari juga.

Upaya untuk menjadikan diri kita disiplin dalam menulis diperlukan beberapa hal. Antara lain menetapkan waktu menulis yang nyaman setiap hari. Biasanya sehabis shalat subuh atau waktu yang lain atau sebelum tidur pada malam hari.

Upaya yang kedua adalah menetapkan tema yang sudah dirancang sebelumnya. Menulis dengan tema yang sudah dirancang akan terasa mudah dan mudah juga menuliskannya.

Upaya yang ketiga adalah menetapkan diri untuk membaca setiap hari dan jenis bacaan harus sesuai dengan genre yang kita tekuni. Membaca opini yang telah ditulis oleh sang idola akan menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menulis yang baik. Banyaknya membaca tentu akan membawa kualitas tulisan yang baik juga. Banyaknya referensi kata-kata atau kalimat akan mampu menambah kualitas tulisan kita.

Bagaimana dengan menulis di sela-sela kesibukan? maka diharapkan setiap kita yang mau menulis harus mampu mengatur waktu yang tepat dalam menulis dan mendisiplinkan diri untuk menulis. Menulis setiap hari. Menuliskan apa yang terjadi. Menuliskan apa yang telah dialami dan yang terjadi pada diri kita ataupun orang lain.

Pelaihari, 15 September 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed