oleh

1.2 Pembelajaran Yang Menyenangkan

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dan siswa sehingga menghasilkan pembelajaran yang baik sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Pembelajaran yang baik tentunya disesuaikan dengan perencanaan yang baik juga dan proses pembelajaran akan berjalan dengan baik sesuai rencana.

Melalui perencanaan yang baik, akan terwujud nantinya pembelajaran yang baik pula dan menyenangkan.

Apa yang dimaksudkan dengan pembelajaran yang menyenangkan? Apakah pembelajaran yang tidak diisi dengan materi? atau hanya bergurau tanpa arah dan tujuan? tentu jawabannya tidak.

Pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang membuat siswa dan guru adanya interaksi dua arah dan saling mengisi serta saling memberikan penguatan. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang saat proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak merasa bahwa dia lagi sedang mengikuti pembelajaran. Artinya, pembelajaran yang memberikan makna dan prosesnya dilakukan oleh kedua belah pihak (guru dan siswa) tidak ada beban, senang dan menyenangkan.

Sementara menurut Indrawati dan Wawan Setiawan (2009:24), pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi (dapat dilihat di https://www.sman1sekongkang.sch.id/artikel/113/menciptakan-pembelajaran-yang-menyenangkan).

Sementara sebaliknya pembelajaran menjadi tidak menyenangkan apabila suasana tertekan, perasaan terancam, perasaan menakutkan, merasa tidak berdaya, tidak bersemangat, malas/tidak berminat, jenuh/bosan, suasana pembelajaran monoton, pembelajaran tidak menarik siswa.

Pelaihari, 7 Oktober 2021

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed