oleh

#KMAB Pemain Bola Naturalisasi Indonesia yang Sukses Berkarier di Timnas

-Berita, Karir, KMAB, Olahraga, Peristiwa, YPTD-Telah Dibaca : 209 Orang
(Arnold van der Vin Dok: indosport.com)

Belakangan ini ramai dibicarakan naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia. Kali ini pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, menjadi pihak yang mengajukan rencana tersebut kepada PSSI.

Saat ini ada ada tiga nama yang sedang dalam proses naturalisasi. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Naturalisasi pemain sepakbola untuk berkarier di Timnas Indonesia sebetulnya bukan hal baru. Sejauh ini, sudah ada 35 pemain sepakbola dengan status naturalisasi. Baik yang mengajukan secara personal, lewat klub atau lewat federasi (program PSSI).

Pemain sepakbola naturalisasi pertama yang berkarier di Timnas Indonesia adalah Arnold van der Vin. Menyusul berikutnya antara lain Cristian Gonzales yang saat ini membela klub Rans Nusantara FC, Stefano Lilipaly yang saat ini membela klub Borneo FC, Beto Goncalves yang saat ini membela klub Madura United, dan Raphael Maitimo yang terakhir membela klub Barito Putera. Berikut ini akan diulas profil sebagian dari mereka secara singkat.

1. Arnold van der Vin

Pemain sepakbola naturalisasi pertama yang berkarier di Timnas Indonesia adalah Arnold van der Vin. Ia adalah mantan penjaga gawang Timnas Indonesia keturunan Belanda di era tahun 50 an. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “Ajax Amsterdam”. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Arnold van der Vin sempat mencatat 48 kali penampilan.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub SBV Excelsior (Belanda). Ia berhasil mencatat 150 kali penampilan. Sepanjang karier sepakbolanya, Arnold van der Vin sempat membela klub SBV Excelsior (Belanda), Persija (Jakarta), Fortuna ’54 (Belanda), PSMS (Medan), dan Penang FA (Malaysia).

2. Cristian Gonzales

(Cristian Gonzales Dok: bola.com)

Cristian Gonzales, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Uruguay kelahiran 30 Agustus 1976. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai penyerang. Karier sepakbolanya diawali di klub Uruguay “Sud America” antara tahun 1995 sampai tahun 1999. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Cristian Gonzales sempat mencatat 29 kali penampilan dan berhasil mencetak 12 gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub Persik (Kediri). Ia berhasil mencetak 102 gol dari 95 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Cristian Gonzales sempat membela klub Sud America (Uruguay), Huracan Corrientes (Argentina), Deportivo Maldonado (Uruguay), Arema (Malang), dan Timnas Uruguay U20.

3. Stefano Lilipaly

(Stefano Lilipaly Dok: bola.com)

Stefano Lilipaly, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda kelahiran 10 Januari 1990. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai pemain sayap. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “DCG” antara tahun 1997 sampai tahun 2000. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly sempat mencatat 27 kali penampilan dan berhasil mencetak tiga gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub Bali United (Bali). Ia berhasil mencetak 28 gol dari 99 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Stefano Lilipaly sempat membela klub Almere City (Belanda), Consadole Sapporo (Jepang), Telstar (Belanda), Cambuur (Belanda), Timnas Belanda U17, dan Indonesia Olympic.

4. Raphael Maitimo

(Raphael Maitimo Dok: bola.com)

Raphael Maitimo, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda kelahiran 17 Maret 1984. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai gelandang serang. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “Nieuwerkerk” antara tahun 1990 sampai tahun 1992. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Raphael Maitimo sempat mencatat 21 kali penampilan dan berhasil mencetak empat gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub SC Feyenoord (Belanda). Ia berhasil mencetak 18 gol dari 45 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Raphael Maitimo sempat membela klub FC Dordrecht (Belanda), SC Feyenoord (Belanda), Beijing BIT FC (China), Capelle (Belanda), dan Timnas Belanda U17.

5. Victor Igbonefo

(Victor Igbonefo Dok: bola.okezone.com)

Victor Igbonefo, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Nigeria kelahiran 10 Oktober 1985. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai bek tengah. Karier sepakbolanya diawali di klub Nigeria “Nigerdock Soccer Academy”. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Victor Igbonefo sempat mencatat 14 kali penampilan.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub Persipura (Jayapura). Ia berhasil mencetak 8 gol dari 162 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Victor Igbonefo sempat membela klub First Bank FC (Nigeria), Navy FC (Thailand), Nakhon Ratchasima FC (Thailand), PTT Rayong FC (Thailand), dan Indonesia Olympic.

6. Beto Goncalves

(Beto Goncalves Dok: bola.kompas.com)

Beto Goncalves, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Brasil kelahiran 31 Desember 1980. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai penyerang. Karier sepakbolanya diawali di klub Brasil “SC Sport Belem” sampai tahun 1999. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Beto Goncalves sempat mencatat 12 kali penampilan dan berhasil mencetak 10 gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub Sriwijaya FC (Palembang). Ia berhasil mencetak 58 gol dari 88 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Beto Goncalves sempat membela klub House of Billiards (Suriname), Remo (Brasil), Dempo SC (India), Penang FC (Malaysia), dan Indonesia Olympic.

7. Ezra Walian

(Ezra Walian Dok: republikbobotoh.com)

Ezra Walian, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda kelahiran 22 Oktober 1997. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai penyerang dan gelandang serang. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “HFC Haarlem” antara tahun 2007 sampai tahun 2008. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Ezra Walian sempat mencatat sembilan kali penampilan dan berhasil mencetak tiga gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela Timnas Belanda U16. Ia berhasil mencetak enam gol dari 10 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Ezra Walian sempat membela klub Jong Ajax (Belanda), Almere City (Belanda), Timnas Belanda U16, Timnas Belanda U17, dan Timnas Indonesia U23.

8. Greg Nwokolo

(Greg Nwokolo Dok: bola.net)

Greg Nwokolo, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Nigeria kelahiran 3 Januari 1986. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai penyerang. Karier sepakbolanya diawali di klub Singapura “Tampines Rovers FC” antara tahun 2003 sampai tahun 2004. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Greg Nwokolo sempat mencatat delapan kali penampilan dan berhasil mencetak dua gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub Madura United (Madura). Ia berhasil mencetak 22 gol dari 75 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Greg Nwokolo sempat membela klub Young Lions FC (Singapura), Warriors FC (Singapura), SC Olhanense (Portugal), Chiangrai United FC (Thailand), dan BEC Tero Sasana FC (Thailand).

9. Sergio van Dijk

(Sergio van Dijk Dok: bola.kompas.com)

Sergio van Dijk, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda kelahiran 6 Agustus 1982. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai penyerang. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “LTC Assen” sampai tahun 1996. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Sergio van Dijk sempat mencatat enam kali penampilan dan berhasil mencetak satu gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub FC Emmen (Belanda). Ia berhasil mencetak 40 gol dari 110 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Sergio van Dijk sempat membela klub Helmond Sport (Belanda), Brisbane Roar FC (Australia), Adelaide United FC (Australia), Sepahan SC (Iran), dan Suphanburi FC (Thailand).

10. Marc Klok

(Marc Klok Dok: jawapos.com)

Marc Klok, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda kelahiran 20 April 1993. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai gelandang. Karier sepakbolanya diawali di klub Belanda “AVV Zeeburgia”. Dalam memperkuat Timnas Indonesia, Marc Klok sempat mencatat empat kali penampilan dan berhasil mencetak satu gol.

Penampilannya yang gemilang adalah saat membela klub PSM (Makassar). Ia berhasil mencetak 14 gol dari 83 penampilannya. Sepanjang karier sepakbolanya, Marc Klok sempat membela klub Jong FC Utrecht (Belanda), Ross County FC (Skotlandia), Cherno More (Bulgaria), Oldham Athletic FC (Inggris), dan Indonesia Olympic.

Komentar

Tinggalkan Balasan