oleh

KMAA # 19: GM Susanto Megaranto Mencetak Sejarah Baru Dalam Piala Dunia Catur 2021

GM Susanto Megaranto mencetak sejarah baru

(GM Susanto Megaranto Dok: youtube.com)

Indonesia kembali mencetak sejarah baru dalam kegiatan Piala Dunia Catur & Women’s World Cup 2021. Rekor baru tersebut dicetak oleh GM Susanto Megaranto. Untuk pertama kalinya GM Susanto Megaranto berhasil lolos kebabak kedua dari empat kali partisipasinya di Piala Dunia Catur.

Di babak pertama World Cup 2021, game ketiga (tiebreaks) yang dimainkan (14/7/2021), GM Susanto Megaranto (2550) untuk ketiga kalinya ditahan remis oleh GM Ehsan Ghaem Maghami (2547) dari Iran. Kedudukan pun tetap berimbang 1,5-1,5. Barulah di game keempat (tiebreaks) GM Susanto Megaranto berhasil mengalahkan GM Ehsan Ghaem Maghami.

Kemenangan ini merupakan kemenangan yang pertama setelah di tiga game sebelumnya kedua pemain ini selalu bermain remis. Kedudukan akhir menjadi 2,5-1,5 untuk GM Susanto Megaranto yang memastikannya lolos ke babak kedua. Selanjutnya dibabak kedua, GM Susanto Megaranto akan berhadapan dengan lawan tangguh GM Fabiano Caruana (2806) dari Amerika Serikat.

Sebelumnya Indonesia berhasil mencatat rekor baru, karena berhasil meloloskan empat wakilnya ke turnamen ini. Rekor berikutnya adalah untuk pertama kalinya meloloskan pecatur wanita ke babak kedua yang diraih oleh dua pecatur wanita terbaik Indonesia yaitu WGM/IM Irine Kharisma Sukandar dan WGM/IM Medina Warda Aulia.

Komentar

Tinggalkan Balasan