oleh

KMAA # 38: Pemain Bola Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

(Asnawi,Egy&Elkan Dok: www.bola.com)

Belakangan ini muncul fenomena hijrahnya pemain muda Indonesia ke luar negeri untuk pengembangan karier sepakbolanya. Hijrahnya pemain Indonesia untuk berkarier di luar negeri sebetulnya bukan hal baru. Jauh sebelumnya, beberapa pemain Indonesia secara silih berganti telah melakukan hal itu.

Pemain Indonesia pertama yang mencoba berkarier di luar negeri adalah Iswadi Idris. Iswadi Idris adalah mantan gelandang Timnas Indonesia di era tahun 60 an sampai tahun 80 an. Sepanjang karier sepakbolanya, Iswadi Idris sempat membela klub Australia “Western Suburb” antara tahun 1974 sampai tahun 1975.

Menyusul berikutnya antara lain Ricky Yacobi yang membela klub Jepang “Matsushita” tahun 1988, Rochy Putiray yang membela klub Republik Ceko “Dukla Praha” antara tahun 1990 sampai tahun 1991, Kurniawan Dwi Yulianto yang membela klub Swiss “FC Luzern” tahun 1994 sampai tahun 1995, dan Bambang Pamungkas yang membela klub Belanda “EHC Norad” tahun 2000.

Saat ini, semakin banyak pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Mereka tersebar di beberapa negara Eropa dan Asia. Berikut ini akan diulas profil sebagian dari mereka secara singkat.

 

  1. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 7 Juli 2000. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai gelandang serang. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Polandia “Lechia Gdansk” antara tahun 2018 sampai tahun 2021 sebagai gelandang sayap.

Dengan gemilang Ia berhasil mencetak 23 gol dari 17 penampilannya di Lechia Gdansk II. Atas keberhasilannya tersebut ia juga diberi kesempatan 10 kali tampil di tim senior Lechia Gdansk, tapi belum berhasil mencetak gol. Saat ini, Egy sedang membela klub Slovakia “Senica”. Ia belum berhasil mencetak gol dari tiga penampilannya di Senica.

 

  1. Elkan Baggott

Elkan William Tio Baggott, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 2 Oktober 2002. Ia bermain untuk Timnas Indonesia U-19 sebagai bek tengah. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali sejak usia muda di klub Inggris “Ipswich Town” youth antara tahun 2018 sampai tahun 2020.

Tahun 2020, Elkan sempat diberi kesempatan tampil di tim senior Ipswich Town tapi baru satu kali. Tahun ini Elkan dipinjamkan ke klub Inggris lainnya “King’s Lynn Town”. Ia belum berhasil mencetak gol dari tujuh penampilannya di King’s Lynn Town.

 

  1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 8 Oktober 2001. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai gelandang. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Serbia “Radnik Surdulica” antara tahun 2020 sampai tahun 2021 sebagai pemain sayap.

Dalam kurun waktu tersebut Ia belum berhasil mencetak gol dari lima penampilannya di Radnik Surdulica. Saat ini, Witan sedang membela klub Polandia “Lechia Gdansk”. Ia belum berhasil mencetak gol dari dua penampilannya di di Lechia Gdansk II.

 

  1. Brylian Aldama

Brylian Negietha Dwiki Aldama, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 23 Februari 2002. Ia bermain untuk Timnas Indonesia U-19 sebagai gelandang. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Kroasia “HNK Rijeka” dari tahun 2021 sampai sekarang sebagai gelandang tengah. Ia sudah berhasil mencetak satu gol dari satu penampilannya bersama HNK Rijeka.

 

  1. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam Bahar, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 4 Oktober 1999. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Korea Selatan “Ansan Greeners” dari tahun 2021 sampai sekarang. Ia belum berhasil mencetak gol dari 13 penampilannya di Ansan Greeners.

 

  1. Yanto Basna

Rudolof Yanto Basna, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 12 Juni 1995. Tahun 2016 ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai bek tengah. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali sejak tahun 2018 di klub Thailand “Khon Kaen”. Ia berhasil mencetak satu gol dari 27 penampilannya di Khon Kaen.

Tahun 2019, Yanto hijrah ke klub Thailand lainnya “Sukhothai”. Ia berhasil mencetak dua gol dari 11 penampilannya di Sukhothai. Tahun lalu, Yanto melanjutkan petualangannya di Thailand.

Ia pindah ke klub “PT Prachuap”. Sampai saat ini Yanto masih membela PT Prachuap. Ia kembali berhasil mencetak satu gol dari 19 penampilannya di PT Prachuap.

 

  1. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo Prabowo, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 1 Juli 1995. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai bek atau gelandang. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Bahrain “Al-Najma” antara tahun 2015 sampai tahun 2016 sebagai bek tengah. Ia berhasil mencetak satu gol dari 16 penampilannya di Al-Najma.

Ryuji sempat kembali bermain di tanah air. Tahun 2017 sampai tahun 2018 Ryuji melanjutkan petualangannya di luar negeri. Ia hijrah ke klub Thailand “PTT Rayong”. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatat 18 penampilan di PTT Rayong.

Setelah beberapa tahun bermain di tanah air, tahun ini Ryuji kembali berpetualang ke luar negeri. Saat ini Ryuji sedang membela klub Malaysia “Penang”. Ia belum berhasil mencetak gol dari 15 penampilannya bersama Penang.

 

  1. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 25 April 1999. Ia bermain untuk Timnas Indonesia sebagai gelandang bertahan. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali sejak usia muda di klub Spanyol “Levante B” antara tahun 2016 sampai tahun 2017.

Tahun 2021, Abimanyu mendapat kesempatan bergabung dengan klub Malaysia “Johor Darul Ta’zim”. Tahun itu juga Abimanyu dipinjamkan ke klub Australia “Newcastle United Jets FC”. Ia belum berhasil mencetak gol dari 2 penampilannya di Johor Darul Ta’zim dan tiga penampilannya di Newcastle United Jets FC.

 

  1. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre, adalah pemain sepakbola profesional Indonesia kelahiran 15 Maret 1999. Ia bermain untuk Timnas Indonesia U-23 sebagai gelandang serang. Karier sepakbolanya di luar negeri diawali di klub Thailand “Lampang FC” dari tahun 2021 sampai sekarang. Ia berhasil mencetak 1 gol dari 12 penampilannya di Lampang FC.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed