oleh

Prediksi Timnas Indonesia VS Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U20 2023

-Berita, Olahraga, YPTD-Telah Dibaca : 168 Orang
(Timnas Indonesia U20 VS Timnas Vietnam U20 Dok: bola.com)

Partai pertama dan kedua Timnas Indonesia dalam babak penyisihan grup F Piala Asia U20 2023 telah dilewati dengan hasil spektakuler. Timnas Indonesia menang telak 4-0 atas Timnas Timor-Leste dan menang telak 5-1 atas Timnas Hong Kong.

Atas hasil-hasil tersebut, Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke putaran final setelah untuk sementara memimpin di puncak klasemen dengan poin 6. Selanjutnya, partai ketiga dalam babak penyisihan grup F Piala Asia U20 2023 hari ini, Minggu (18/9/2022) pukul 20.00 WIB, Indonesia sang pemuncak klasemen akan berhadapan dengan Vietnam yang berada di posisi kedua klasemen. Pertandingan penentuan tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Kiprah Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U20, sudah pernah menjadi juara di tahun 1961. Pernah dua kali menjadi runner up yaitu tahun 1967, dan tahun 1970.

Selain itu pernah satu kali meraih posisi ketiga pada tahun 1962, dan dua kali meraih posisi keempat yaitu pada tahun 1960, dan 1964. Beberapa pemain top Indonesia U20 saat ini antara lain Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, Rabbani Tasnim Siddiq, dan Zanadin Fariz.

Sementara itu kiprah Timnas Vietnam di ajang Piala Asia U20, Vietnam pernah satu kali meraih posisi keempat, di tahun 2016. Beberapa pemain Vietnam saat ini antara lain Dinh Xuan Tien, Nguyen Quoc Viet, Khuat Van Khang, dan Nguyen Anh Tu.

Data head to head Timnas U20, kemampuan Vietnam lebih unggul dari Indonesia dengan rekor empat kali menang, dua kali seri dan dua kali kalah. Pengalaman di Piala Asia U20, Indonesia lebih unggul dari Vietnam.

Peringkat klasemen sementara di group F masih berimbang, Indonesia berada di posisi puncak klasemen, sementara Vietnam di posisi kedua klasemen dengan poin dan selisih gol yang sama.

Dengan mengacu pada indikator tersebut, diatas kertas pertandingan akan berimbang dan berakhir draw. Peluang kedua tim untuk memenangkan pertandingan masih fifty-fifty.

Mengacu pada hasil pertandingan sebelumnya menghadapi lawan yang sama yaitu Timnas Timor-Leste, secara matematis Indonesia yang menang dengan skor telak 4-0 masih berimbang dengan Vietnam yang juga menang dengan skor 4-0. Demikian pula mengacu pada hasil pertandingan menghadapi Hong Kong, Indonesia dan Vietnam sama-sama menang dengan skor telak 5-1.

Satu-satunya keunggulan Indonesia adalah keuntungan sebagai tuan rumah. Semoga Indonesia mampu memanfaatkan keunggulan tersebut sehingga Indonesia mampu memenangkan pertandingan tersebut walaupun dengan skor tipis. Hasil pertandingan ini sangat berpengaruh untuk kedua tim dalam hal penentuan menuju putaran final yang akan dilaksanakan di Uzbekistan.

Apabila Vietnam kalah dari Indonesia, posisi Indonesia sebagai pemuncak klasemen grup F tidak akan tergoyahkan. Kepentingan Indonesia dari pertandingan ini adalah untuk kepastian lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di Uzbekistan sekaligus sebagai juara grup. Selamat berjuang, semoga sukses meraih kemenangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan